Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Berbasis Ramah Anak Di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi

Izzah, Nur Aqidatul (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Berbasis Ramah Anak Di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR AQIDATUL IZZAH_T20181473-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran tentu mengalami dinamika yang sangat kompleks terutama pada tumbuh kembang peserta didik. Penanaman dan pengembangan karakter pada peserta didik menjadi acuan pokok dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak. Namun ada program seperti basis ramah anak sebagai pendukung proses internalisasi dengan tujuan menciptakan kondisi sekolah yang aman dan nyaman, ramah dan menyenangkan untuk anak-anak Indonesia serta warga sekolah lainnya seyogyanya mendapat dukungan dari berbagai pihak baik dari pusat maupun daerah. Oleh karena itu program sekolah ramah anak menjadi pendukung sistem persekolahan di MTs Plus Baitussalam Toyamas membantu dalam pengembangan aspek kognitif di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaima tahap transformasi nilai-nilai pendidikan akhlak berbasis ramah anak di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi? 2) Bagaimana tahap transaksi nilai-nilai pendidikan berbasis ramah anak di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi? 3) bagaimana tahap tran-internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak berbasis ramah anak di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi? Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Untuk mendeskripsikan tahap transformasi nilai-nilai pendidikan akhlak berbasis ramah anak di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi 2) Untuk mendeskripsikan tahap transaksi nilai-nilai pendidikan berbasis ramah anak di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi. 3) Untuk mendeskripsikan tahap tran-internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak berbasis ramah anak di MTs Plus Baitussalam Toyamas Banyuwangi Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) wawancara, dan 3) Dokumentasi. Berikutnya, analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan Kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu : 1) Triangulasi sumber, dan 2) triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang didukung dengan adanya basis ramah anak yang menunjang aspek afektif dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa akhlak siswa di MTs Plus Baitussalam Toyamas dapat dikategorikan baik. Indikasinya dapat dilihat dari peran guru yang memberikan berbagai upaya, terlihat kebiasaan atau tradisi yang dilakukan oleh para siswa dalam pembentukan akhlakul karimah Kata Kunci : Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Berbasis Ramah Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S. Pd Nur Aqidatul Izzah
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:18
Last Modified: 03 Aug 2022 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item View Item