2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Plus Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Puger Kabupaten Jember

MILLAH, FAIQOTUL (2021) 2021. Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Plus Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIQOTUL MILLAH_T20159018.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Secara sosial, guru pada hakikatnya memiliki peran signifikan terhadap kegiatan proses pembelajaran ilmu pengetahuan social di SMP Bustanul Ulum Mlokorejo. Karena itu, kegiatan pembelajaran tersebut, secara umum tidak hanya mengarahkan peserta didik pada aspek pengetahuan (kognitif) apalagi keterampilan (psikomotorik) semata, tetapi bagaimana pembelajaran di atas dapat juga membentuk dan mengembangkan karakter dikalangan peserta didik, terutama di SMP Bustanul Ulum Mlokorejo, sehingga dapat membentuk pribadi peserta didik yang lebih baik (morality),demikian pentingnya model pembelajaran di atas, sebagai upaya untuk mengintegrasikan ketiga aspek tersebut, dan menjadi bagian dari kegiatan penelitian ini, untuk didiskusikan dan dibahas dalam skripsi ini. Kegiatan penelitian di SMP Bustanul Ulum Mlokorejo ini, secara konseptual lebih memfokuskan pada tiga hal, antara lain; a) peran guru IPS dalam meningkatkan karakter sosial siswa, b) proses peningkatan karakter sosial melalui pembelajaran IPS dan c) wujud peran Guru IPS dalam meningkatkan karakter sosial siswa di SMP Bustanul Ulum Mlokorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Karena itu, penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi secara utuh (holistik) dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Dalam studi pelacakan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan pengamatan secara langsung sebagai sumber data primer, sedangkan dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk melengkapi kedua sumber data tersebut, pada bagian kedua dan dimaknai sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini secara universal melahirkan beberapa temuan; 1) peran guru IPS dalam kegiatan pembelajaran dilakukan melalui proses perencanaan dalam proses pembelajaran, 2) peningkatan karakter melalui pembelajaran IPS dapat dilakukan melalui pemberian contoh yang baik dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 3) Wujud dari peran guru IPS dalam meningkatkan karakter sosial, meliputi sikap cinta tanah air, disiplin, rasa kebersamaan, rasa kepedulian, gotong royong, tolong menolong, keberanian, tanggungjawab, kepercayaan, kreatif dan inovatif, sportivitas, percaya diri, terampil, kemandirian, demokrasi, serta sadar kewajiban dan hak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:17
Last Modified: 03 Aug 2022 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item