Pengembangan Aplikasi Android Vektor Berbasis Web Blog Pada Materi Zat Adiktif dan Aditif Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII.

Setiawan, Muhammad Muhyi (2021) Pengembangan Aplikasi Android Vektor Berbasis Web Blog Pada Materi Zat Adiktif dan Aditif Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Muhyi Setiawan_T201710008.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Aplikasi android Vektor berbasis web blog adalah media pembelajaran yang berbentuk aplikasi dan langsung terhubung ke web blog. Pengembangan aplikasi ini didasarkan pada Perkembangan teknologi informasi selalu tumbuh dengan pesat terutama dibidang mobile phone dan smartphone, kebutuhan untuk mengurangi kesukaran dalam memahami materi, dan memberikan suasana berbeda dalam belajar tanpa harus membawa buku kemana-mana. Tujuan pengembangan yang ingin dicapai oleh peneliti 1) Mendeskripsikan validasi aplikasi android Vektor berbasis Web Blog dan efektifitas pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP/MTs kelas VIII yang dikembangkan oleh peneliti 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap aplikasi android Vektor berbasis Web Blog materi zat aditif dan zat adiktif yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Develeopment). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaiyu: Define, Design, Development, and Desimination di mana tahap Desimination tidak dilakukan. Subjek penelitian melibatkan satu ahli materi, satu ahli media, 1 guru IPA sebagai pengguna, dan 20 siswa di MTs Nurul Hasan Bondowoso. Wujud aplikasi android Vektor berbasis Web Blog berikut dengan cara penggunaannya telah dideskripsikan didalam penelitian ini. 1) Pada aplikasi ini, aspek materi dinilai layak (92,5%), aspek media diniali layak (96%), aspek pengguna guru IPA dinilai layak (96,7%). 2) Siswa merespon bahwa media ini sangat menarik 86,4% dan sangat membantu dalam pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:17
Last Modified: 03 Aug 2022 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item