Pengembangan Kemampuan Bahasa Indonesia Melalui Metode Benyanyi Pada Kelompok A di Raudlatul Athfal Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

PUTRI, RIZQI AMALIA (2021) Pengembangan Kemampuan Bahasa Indonesia Melalui Metode Benyanyi Pada Kelompok A di Raudlatul Athfal Kemuningsari Kidul Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZQI AMALIA PUTRI_T20175023.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

bahasa. Bahasa adalah alat untuk berpikir, mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Salah satu yang dapat dilakukan dalam pengembangan kemampuan bahasa yaitu dengan metode bernyanyi, melalui metode ini anak dapat memahami dan mengekspresikan lagu yang dinyanyikan dengan lagu yang sesuai tema. Fokus penelitian yang dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Perencanaan Pengembangan Kemampuan Bahasa Indonesia Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok A Di RA Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember ?. 2. Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Kemampuan Bahasa Indonesia Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok A Di RA Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember?. 3. Bagaimana Evaluasi Pengembangan Kemampuan Bahasa Indonesia Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok A Di RA Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan Perencanaan Pengembangan bahasa Indonesia melalui metode bernyayi pada kelompok A di RA Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan Pengembangan kemampuan bahasa Indonesia melalui metode bernyanyi pada kelompok A di RA Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember. 3. Mendeskripsikan Evaluasi Pengembangan kemampuan bahasa Indonesia melalui metode bernyanyi pada kelompok A di RA Tarbiyatul Huda Jenggawah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara , dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan: a. pembentukan tema b. Alokasi waktu c. Metode Pembelajaran d. Materi sesuai tema e. Menyiapkan Lagu dan media sesuai tema. e. Evaluasi Penilaian. 2) Pelaksanaan : dilakukan dengan 3 kegiatan yaitu: a. Kegiatan pembuka: mengucapkan salam, doa sebelum belajar bersyair pancasila, bernyanyi menanyakan kabar dengan tiga bahasa ,dan yang terakhir absensi. b. Kegiatan Inti, guru menjelaskan tema hari ini, bermain dan membuat karya ,dan bernyanyi bersama sesuai dengan lagu dalam RPPH c. kegiatan penutup yaitu: penguatan kembali, refleksi kegiatan peserta didik, dengan menanyakan perasaan anak, berdiskusi kegiatan yang sudah dimainkan bersama, membaca doa sesudah belajar, guru mengucapkan salam. 3) Evaluasi Penilaian : Guru menilai sesuai dengan lembar penilaian yang terdapat di RPPH, meliputi : capaian perkembangan indikator meliputi BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:16
Last Modified: 03 Aug 2022 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item