Penerapan Model Evaluasi CIPP(context, input, process, product) Pada Mata Pelajaran PAI Program Membaca Al-Qur an di SMK Negeri 5 Jember 2021.

Almawaddah, Sofwil Widad (2022) Penerapan Model Evaluasi CIPP(context, input, process, product) Pada Mata Pelajaran PAI Program Membaca Al-Qur an di SMK Negeri 5 Jember 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofwil Widad Almawaddah_T20161174.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada mata pelajaran yang ada di sekolah ada Pendidikan Agama Islam merupakan usaha berupa bimbingan, baik jasmani atau rohani kepada anak didik menurut ajaran islam, agar kelak dapat berguna menjadi pedoman hidupnya untuk mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Namun yang ditekankan dalam hal ini ialah mengenai pembelajaran membaca al- l evaluasi CIPP. Model evaluasi ini dikemukakan oleh Stuflebeam dan Shinkfield, model evaluasi ini merupakan model evaluasi yang lebih lengkap karena mencakup evaluasi formatif dan sumatif. Fokus penelitian: 1) Bagaimana penerapan evaluasi konteks pada mata pelajaran PAI program membaca al�Bagaimana penerapan evaluasi masukan pada mata pelajaran PAI program membaca al- penerapan evaluasi proses pada mata pelajaran PAI program membaca al- di SMK Negeri 5 Jember ? 4) Bagaimana penerapan evaluasi hasil pada mata pelajaran PAI program membaca al- SMK Negeri 5 Jember ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data: Observasi partisipasi pasif, wawancara semi-terstruktur, dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan evaluasi konteks pada program membaca al�berisikan materi-materi, pembelajaran evaluasi konteks ini dilakukan untuk melihat tujuan program yang akan dicapai dan evaluasi terhadap keadaan yang melingkupi proses pembelajaran. 2) Penerapan evaluasi masukan pada program membaca al- evaluasi pengetahuan dan strategi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. 3) Penerapan evaluasi proses pada program membaca al�evaluasi mengenai informasi untuk keputusan program seperti pelaksanaan program sesuai jadwal, dalam program yang baik tentu sudah dirancang mengenai kegiatan dan kapan kegiatan tersebut sudah terlaksana. 4) Penerapan evaluasi hasil pada program membaca al�terhadap berhasil tidaknya peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Guru mengukur keberhasilan dengan mengadakan tes mid dan semester, program tersebut dinilai cukup berhasil sebagaimana nilai melalui evaluasi product (hasil).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:16
Last Modified: 03 Aug 2022 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11983

Actions (login required)

View Item View Item