Peranan Muatan Lokal Kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Akhlak Siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi

Mudalilah, Anis Lailatul (2022) Peranan Muatan Lokal Kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Akhlak Siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIS LAILATUL MUDALILAH_T20171382.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Akhlak merupakan ciri utama yang dapat membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Manusia tanpa akhlak yang baik, maka hilanglah kemuliaan taraf kemanusiaannya. Pembelajaran muatan lokal Kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan dilakukan untuk menambah pengetahuan PAI untuk siswa. Pembiasaan Keagamaan dilakukan disekolah seperti, sholat berjamaah, membaca al-Qur‟an, dan sebagainya. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar? 2) Bagaimana Pelaksanaan Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar? 3) Bagaimana Evaluasi Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar? 4) Bagaimana Peranan Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar. 4) Mendeskripsikan Peranan Muatan Lokal kitab Ta‟lim Muta‟alim dan Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Darul Ulum Muncar. Penelitian ini menggunaan Pendekatan Kualitatif dengan jenis Deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan Dokumentasi. Teknik Keabsahan Data mengunakan Triangulasi Teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Perencanaan yag dilakukan sudah ideal yaitu merumuskan KI dan KD, tujuan, langkah-langkah, Metode, Media, Materi dan teknik Evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan Dilaksanakan Daring dan Luring, 1 kali seminggu, Menggunakan buku karangan sekolah, metode Ceramah, diawali dengan berdo‟a dan Diakhiri membaca do‟a setelah belajar dan do‟a akhir majlis. 3) Evaluasi dilakukan setiap pertemuan yaitu: tulis, lisan, dan Praktek. 4) Peranan Muatan Lokal kitab Ta‟limul Muta‟alim dan Pembiasaan keagamaan dalam Membentuk Akhlak Siswa yaitu: Tawadlu terhadap Guru, Saling Menghormati, dapat Wudhu, sholat dengan benar dan membaca al-Qur‟an sesuai dengan hukum tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:15
Last Modified: 03 Aug 2022 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11985

Actions (login required)

View Item View Item