Implementasi Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember

Laely, Siti Nur (2002) Implementasi Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI NUR LAELY 001.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Nur Laely, 2022. “Implementasi Program shalat Tahajud di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember”

Kata Kunci: Implementasi Shalat Tahajud

Implementasi program shalat tahajud merupakan kewajiban 1 kali sehari dalam melaksanakan shalat Tahajud. Program shalat tahajud dilaksanakan setelah shalat isya’ hingga menjelang waktu subuh, namun waktu yang paling baik atau paling utama untuk mengerjakan shalat tahajud adalah di waktu sepertiga malam.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember? 2) Apa faktor penunjang Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember? 3) Apa faktor penghambat Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember?
Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember. 2) Untuk mengetahui faktor penunjang Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat Program Shalat Tahajud Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember
Metode Penelitian: Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles dan Huberman. Dan saldana. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan Penelitian: 1) Pelaksanaan Program Shalat Tahajud di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember, untuk pelaksanaan shalat tahajud di pondok Al-Ishlah putri di wajibkan berjamaah, bukan hanya berlaku bagi santri akan tetapi, semua pengurus ustadzah lainnya juga diwajibkan shalat tahajud berjamaah. Untuk pelaksanaan shalat tahajud dilaksanakan pukul 03:15 dan bagi yang tidak melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan hukuman (punishment) dari pondok. 2) Faktor Penunjang Program Shalat Tahajud di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember yaitu Kedisplinan santri, kesadaran santri dan adanya pengurus atau ustadzah. 3) Faktor Penghambat Program Shalat Tahajud di Pondok Pesantren Al-Ishlah Putri Jenggawah Jember yaitu kurangnya niat, tidur tidak teratur dan rasa kantuk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Siti Nur Laely
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:15
Last Modified: 05 Aug 2022 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11986

Actions (login required)

View Item View Item