Peran Kepala Madrasah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin

NAUFAL, IRVAN (2022) Peran Kepala Madrasah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IRVAN NAUFAL_T20183148.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Kata kunci : Peran Kepala Madrasah, Pemasaran Jasa Pendidikan Kepala madrasah sebagai orang yang mempunyai wewenang dan kekuasaan sudah selayaknya mempunyai gaya kepemimpinan yang efektif untuk mengatur dan mengembangkan jabatan yang diembannya. Kepala madrasah dalam mengembangkan tugasnya hendaknya didasari dengan sikap sungguh-sungguh dan etos kerja yang tinggi. Kepala madrasah yang mempunyai kesungguhan dan etos kerja yang tinggi akan mampu melaksanakan inovasi pendidikan dengan baik, disamping itu juga hendaknya ditunjang dengan kemampuan manajer yang handal sehingga mampu mewujudkan madrasah yang efektif, kondusif dan dinamis. Kehadiran kepala madrasah sangat penting karena merupakan motor penggerak bagi sumber daya madrasah terutama guru, karyawan, dan siswa. Fokus penelitian ini adalah : 1). Bagaiamana Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrsah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin ? 2). Bagaiaman Peran Kepala Madrasah sebagai leader dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin ? Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan peran kepala Madrasah sebagai manajer dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrsah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin. 2). Untuk mendeskripsikan peran kepala Madrasah sebagai leader dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dilihat dari jenisnya, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Adapun tehnik pengumpulan data skripsi ini menggunakan observasi parisipatif, wawancara atau interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana kemudian keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Peneliti ini memperoleh kesimpulan bahwa : (1). Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin Simbar Cluring Banyuwangi adalah dengan a) Perencanaan yang meliputi segmentasi pasar, target pasar dan penetapan program, b) Pengorganisasian dengan pembagian tugas sesuai jadwal yang disepakati, c) Pelaksanaan, pemasaran yang dilakukan secara langsung. d) Pengawasan dengan evaluasi capaian,memberi arahan, dorongan, penyadaran kepada guru yang bertugas dan menunjukan hasil yang dicapai sesuai keinginan atau tujuan utama madrasah. (2) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam pemasaran jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muta’allimin Simbar Cluring Banyuwangi ialah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran, 4P : a) Produk : program non akademik seperti pramuka,jurnalistik,tari dan pendidikan atau mata pelajaran umum khususnya matematika dan ipa b) Harga : biaya yang sangat terjangkau c) Tempat : asri, sejuk , terhindar dari keramaian d) Promosi : penyebaran brosur, pemasangan baliho, presentasi ke lembaga-lembaga dan mengunjungi tokoh-tokoh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:15
Last Modified: 03 Aug 2022 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item