Analisis implementasi Fatwa Mui Nomor 23 Tahun 2020 tentang pemanfaatan harta zakat infaq dan shadaqoh untuk penanggulangan wabah Covid-19 dan dampaknya terhadap ketahanan keluarga : Studi kasus Baznas Kabupaten Jember

Fasya, Muhammad Iqbal (2022) Analisis implementasi Fatwa Mui Nomor 23 Tahun 2020 tentang pemanfaatan harta zakat infaq dan shadaqoh untuk penanggulangan wabah Covid-19 dan dampaknya terhadap ketahanan keluarga : Studi kasus Baznas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text ("Analisis Implementasi Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Harta Zakat Infaq dan Shadaqoh Untuk Penanggulangan Wabah Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Ketahanan Keluarga (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Jember)".)
Muhammad Iqbal Fasya_S20171023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Iqbal Fasya, 2022: Analisis Implementasi Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqoh Untuk Penanggulangan Wabah Covid-19 dan Dampaknya terhadap Ketahanan Keluarga (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Jember).
Kata Kunci: Fatwa MUI, BAZNAS, Ketahanan Keluarga.
Terjadinya pandemi covid-19. menyebabkan efek domino ke dalam berbagai hal, seperti; ekonomi, pendidikan, pekerjaan, politik dan sosial. Buruknya, memberikan ancaman bagi kesejahteraaan dan ketahanan keluarga nasional. Dalam membantu pemerintah melakukan penanganan COVID-19, Majelis Ulama Indonesia melakukan ijtihad dengan mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020. Salah satu lembaga resmi pemerintah yang kinerjanya terdampak dengan adanya Fatwa MUI tersebut adalah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember, tentu dengan adanya fatwa MUI ini akan ada perubahan dari pengelolaan, pendayagunaan, serta pemanfaatan dana yang terkumpul di BAZNAS Kabupaten Jember.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Tinjauan Fikih Terhadap Pemanfaatan Harta Zakat, Infaq dan Shadaqoh untuk Penanggulangan Wabah Covid-19? 2). Bagaimana Implementasi Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 di BASNAZ Jember? 3). Bagaimana Dampak Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 Terhadap Ketahanan Keluarga?.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1). Mengetahui Bagaimana Tinjauan Fikih Terhadap Pemanfaatan Harta Zakat, Infaq dan Shadaqoh untuk Penanggulangan Wabah Covid-19, 2). Mengetahui Pelaksanaan Implementasi Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 di BASNAZ Jember, 3). Mengetahui Dampak Fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 Terhadap Ketahanan Keluarga.
Metode penelitian dalam permasalahan disini diidentifikasikan dengan menggunakan lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-kualitatif. Metode pendekatan yang digunakan deskriptif-interaktif. Subyek Penelitiannya terdiri dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari; wawancara, dokumentasi, dan observasi. Serta analisis datanya ialah; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarik kesimpulan.
Adapun hasil dalam penelitian ini: Secara kacamata Fikih, adanya Fatwa MUI NOMOR 23 Tahun 2020 hukumnya mubah. Fatwa MUI ini telah dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Jember. Hal ini terlihat berdasarkan anggaran, program, dan bantuan yang dilakukan. Bantuan yang diterima oleh para keluarga dari BAZNAS Kabupaten Jember yang bedasarkan pedoman Fatwa MUI NOMOR 23 Tahun 2020 cukup berdampak bagi kehidupan mereka. Pasca memperoleh bantuan, kehidupan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sehingga dalam hal ketahanan keluarga pun meningkat.
Saran peneliti untuk BAZNAS Kabupaten Jember, agar dapat mengajak dan memberikan informasi seputar lembaganya lewat media internet sehingga lebih banyak diketahui oleh masyarakat umum, serta mengadakan lebih banyak bantuan yang bersifat produktif dan pelatihan untuk mustahik, sehingga para mustahik dapat naik kelas menjadi seorang muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Iqbal Muhammad Iqbal Fasya Iqbal
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:21
Last Modified: 05 Aug 2022 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11988

Actions (login required)

View Item View Item