Strategi Kepala Madrasah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 5 Jember.

Himmah, Fifi Rofiatul (2021) Strategi Kepala Madrasah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fifi Rofiatul Himmah_T20173037.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Dekadensi moral pemuda bangsa di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi banyak faktor pemicu diantaranya dari pergaulan, pengetahuan serta teknologi yang semakin canggih, terbukti gadget mampu mendominasi kegiatan anak-anak setiap harinya sehingga hal tersebut memberikan dampak buruk bagi karakter anak. Melalui lembaga pendidikan diharapkan mampu memberikan pembinaan dan penguatan pendidikan karakter terlebih dalam karakter religius peserta didik untuk memiliki akhlak atau karakter yang mulia sesuai dengan keinginan dan norma masyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi kebiasaan dalam penguatan pendidikan karakter religius peserta didik di MTs N 5 Jember? 2) Bagaimana strategi keteladanan dalam penguatan pendidikan karakter relgius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember? 3) Bagaimana strategi peraturan madrasah dalam penguatan pendidikan karakter religius peserta didik di Madarsah Tsanawiyah Negeri 5 Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah:1) mendeskripsikan strategi kebiasaan dalam penguatan pendidikan karakter religius peserta didik di MTs N 5 Jember, 2) mendeskripsikan strategi keteladananan dalam penguatan pendidikan karakter religius peserta didik di MTs N 5 Jember, 3) mendeskripsikan strategi peraturan madrsah dalam penguatan pendidikan karakter religius peserta didik di MTs N 5 Jember Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengunakan analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) strategi kebiasaan yang dilakukan kepala madrasah melalui pembiasaan kegiatan sehari-hari, kegiatan terprogram dan kegiatan spontan agar melekat pada diri peserta didik dan guru serta karyawan madrasah serta menjadikan pembiasaan tersebut budaya di madrasah agar tercipta madrasah yang bernuansa religius. 2)strategi keteladanan yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu selalu memberikan dan menjadi contoh teladan bagi seluruh warga madrasah serta meminta guru untuk menjadi teladan yang baik juga. Adapun betuk keteladanan yang diterapkan yaitu tentang perilaku, ucapan, kedisiplinan, sopan dan santun. Selain itu juga kepala madrsah menerapkan keteladanan melalui poster atau slogan-slogan yang dipasang di lingkungan madrasah. 3) Penerapan strategi peraturan atau tata tertib madrasah dilaksanakan sebagai penunjang dan bentuk kontroling kepala madrasah dalam penguatan pendidikan karakter religius peserta didik dan dalam pemberian sanksi dilakukan sesuai jenis pelanggaranya dan juga dalam pemberian sanksi tersebut tidak menggunakan hukuman fisik melainkan hukuman yang memiliki sifar jera dan bernialai pahala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:39
Last Modified: 03 Aug 2022 04:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11990

Actions (login required)

View Item View Item