Problematika Pembelajaran PAI dan Solusinya di Sekolah Menengah Kejuruan Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo

RAHMAN, ANISA MUTMAINNAH (2021) Problematika Pembelajaran PAI dan Solusinya di Sekolah Menengah Kejuruan Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANISA MUTMAINNAH RAHMAN_T20171108.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Problematika selalu dituntut untuk diselesaikan. Begitu juga dengan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus dikaji permasalahannya dan juga ditemukan solusinya serta jalan keluar dari permasalahan tersebut. SMK Hidayatul Islam yang terletak di Jl. Jamtoko, Gg masjid No. 115, Clarak, Kec. Leces, Kab. Probolinggo dengan menempatkan objek problematika pembelajaran pendidikan agama Islam dan solusinya sebagai objek penelitian, karena di SMK Hidayatul islam merupakan sekolah umum di lingkungan pesantren yang berbasis kejuruan sehingga diasumsikan tingkat pemahaman dan tingkat minat belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama Islam biasa saja dan tidak ada peningkatan. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problematika instruksional dan non instruksional PAI dan solusinya di SMK Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana upaya mengatasi problematika instruksional dan non instruksional PAI di SMK Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo? Tujuan penelitian ini: 1)Untuk mendeskripsikan problematika instruksional dan non instruksional PAI dan solusinya di SMK Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo. 2)Untuk mendeskripsikan upaya mengatasi problematika instruksional dan non instruksional PAI di SMK Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo. Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian kali ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penlitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hidayatul Islam Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi, teknik analisis data menggunakan metode miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari: 1) kondensasi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan penulis, yaitu: siswa kurang minat terhadap pembelajaran PAI. Guru PAI kurang mengatasi ketika di kelas dikarenakan pengetahuan mereka yang tidak sama. Lingkungan keluarga siswa kurang memperhatikan perkembangan anak dalam pembelajaran Pendidikan agama islam, serta lingkungan disekitar sekolah yang memberi pengaruh buruk terhadap siswa . Solusi untuk permasalahan tersebut adalah guru memberikan pendekatan melalui hobi serta memotivasi siswa, guru memerintahkan siswa yang tinggal di pesantren untuk berbagi pengetahuan tentang pendidikan agama. Peran keluarga juga sangat penting untuk memantau apa yang menjadi kegiatan siswa sehari-hari begitu pula lingkungan sekitar sekolah harus memberikan contoh yang baik pada siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:08
Last Modified: 04 Aug 2022 00:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item