Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Melipat Kertas Origami Pada Anak Kelompok B Di Pendidikan Anak Usia Dini Darul Fikr Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

WAHYUNI, SRI (2021) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Melipat Kertas Origami Pada Anak Kelompok B Di Pendidikan Anak Usia Dini Darul Fikr Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SRI WAHYUNI_T20155019.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Anak usia dini merupakan masa yang paling penting untuk perkembangan motorik, dan paling tepat untuk mengajarkan berbagai keterampilan motorik. Pembelajaran motorik terutama motorik halus, membutuhkan bimbingan dan arahan untuk melatih keluwesan otot jari tangan anak, karena setiap anak memiliki gaya dan karakteristik belajar yang berbeda. Keterampilan Motorik halus adalah gerakan yang melibatkan bagian tubuh tertentu, dilakukan oleh otot kecil (halus) serta memerlukan penyesuaian. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Darul Fikr Kaliwates Jember untuk meningkatkan kemampuan motorik halus yaitu melipat kertas origami. Melipat kertas origami membutuhkan konsentrasi, koordinasi mata dan tangan serta fleksibelitas. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kemampuan motorik halus dalam unsur koordinasi mata dan tangan serta kelenturan jari tangan melalui melipat kertas origami pada anak kelompok B di PAUD Darul Fikr Kaliwates Jember? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui Peningkatan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di PAUD Darul Fikr Kaliwates Jember tahun pelajaran 2019-2020 melalui melipat kertas origami dalam unsur koordinasi mata dan tangan serta kelenturan jari tangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subjek penelitiannya menggunakan purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah secara pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Kemampuan motorik halus anak dalam unsur koordinasi mata dan tangan dapat ditingkatkan melalui melipat kertas origami, pada anak kelompok B diterapkan melalui melipat kertas. Anak-anak dilatih untuk fokus dan mengingat pada setiap tahap melipat, dengan anak memperhatikan dan mengingat setiap tahap lipatan kemudian anak mempraktikkan membentuk sebuah lipatan sempurna seperti ikan, pesawat dan sebagainya. 2) Kemampuan motorik halus anak dalam unsur kelenturan jari tangan dapat ditingkatkan melalui melipat kertas origami pada anak kelompok B dengan melatih keterampilan tangan kanan dan tangan kiri, untuk melenturkan otot persendian agar kemampuan gerak tidak kaku dan terhindar dari cedera ketika persiapan untuk menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:09
Last Modified: 04 Aug 2022 00:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11996

Actions (login required)

View Item View Item