engembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Realistic Mathematics Education (RME) Kelas VIII di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember

Kholifah, Risma Aminatul (2021) engembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Realistic Mathematics Education (RME) Kelas VIII di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risma Aminatul Kholifah_T20177035.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

embar Kerja Peserta Didik merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembar�lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai. Pemilihan materi pada pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Realistic Mathematics Education (RME), peneliti memilih materi SPLDV dikarenakan pada materi ini banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Realistic Mathematics Education (RME) kelas VIII Di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember; 2) Untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid kelas VIII Di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember; 3) Untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Realistic Mathematics Education (RME) yang praktis kelas VIII Di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap yaitu Analysis(Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah kelas VIII Di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk mendapatkan data kevalidan yang terdiri dari validator ahli desain, validator ahli materi dan validator ahli bahasa Untuk mendapatkan data kepraktisan melalui angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah: 1) berdasarkan dari analisis kebutuhan yakni analisis Kompetensi Inti (KI), Kompetensi dasar (KD) Indikator serta materi. Judul yang sesuai untuk lembar kerja peserta didik adalah lembar kerja peserta didik dengan Realistic Mathematics Education (RME) .2) Tingkat kevalidan Lembar kerja peserta didik oleh beberapa ahli, hasil dari ahli desain dengan nilai 78,57%, hasil dari oleh ahli materi dengan nilai 94,28%, hasil dari oleh ahli bahasa dengan nilai 72,72%, tingkat kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik dengan nilai materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Realistic Mathematics Education (RME) dikatakan sangat valid dengan nilai rata�rata 81,85%. 3) Untuk tingkat kepraktisan dikatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata dari angket respon peserta didik dan angket respon guru yaitu 95,00%. Hasil dari angket respon guru dengan jumlah 80,00%, hasil dari angket respon peserta didik dengan jumlah 95,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Realistic Mathematics Education (RME) dikatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:10
Last Modified: 04 Aug 2022 00:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item