Integrasi Kurikulum Madrasah Aliyah dan Ma’had Darul Muta’allimin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi.

MUNIROH, ANNISA IN’AINATUL (2021) Integrasi Kurikulum Madrasah Aliyah dan Ma’had Darul Muta’allimin di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNISA IN’AINATUL MUNIROH_T20171135.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Sekolah perlu mengembangkan gagasan-gagasan yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa depan. Salah satu caranya yaitu dengan pengembangan kurikulum yang mengarahkan pada sistem integrasi kurikulum madrasah aliyah dan ma’had yang mengedepankan aspek akademik, religius, karakter yang kokoh, tanggung jawab, dan lain sebagainya yang bisa dijadikan sebagai alternatif. Fokus penelitian ini yaitu sebagai berikut 1) Bagaimana perencanaan integrasi kurikulum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi dan kurikulum Ma’had Darul Muta’allimin di MAN 1 Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan integrasi kurikulum MAN 1 Banyuwangi dan kurikulum Ma’had Darul Muta’allimin di MAN 1 Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi integrasi kurikulum MAN 1 Banyuwangi dan Kurikulum Ma’had Darul Muta’allimin di MAN 1 Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian peneltian lapangan (field research), teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian: 1) Perencanaan kurikulum integrasi madrasah dan ma’had dibuat oleh kepala madrasah dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum serta tim bidang kurikulum MAN 1 Banyuwangi dengan cara: a) mengintegrasikan tujuan kurikulum yaitu menggunakan visi dan misi yang sama, b) mengintegrasikan pengorganisasian isi kurikulum dengan penyandingan materi madrasah dan materi ma’had dalam pengetahuan umum. 2) integrasi program pelaksanaan kurikulum antara madrasah dan ma’had, yang terletak pada menyatunya kalender pendidikan dan rencana kegiatan akademik madrasah sebagai acuan dalam kegiatan pendidikan ma’had sendiri dan sekaligus acuan kegiatan madrasah. pelajaran. 3) Evaluasi kurikulum integrasi MAN 1 Banyuwangi dan Ma’had Darul Muta’allimin dilakukan dengan cara: a) melakukan evaluasi konteks kurikulum bersama, b) melakukan evaluasi input bersama, c) melakukan evaluasi proses bersama, d) melakukan evaluasi produk bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:10
Last Modified: 04 Aug 2022 00:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item