: Pembelajaran dalam Jaringan Menggunakan Media Televisi di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Desa Candijati Kecamatan Arjasa Tahun Pelajaran 2021/2022

Fadho’il, Ahmad (2021) : Pembelajaran dalam Jaringan Menggunakan Media Televisi di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Desa Candijati Kecamatan Arjasa Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Fadho’il_084 141 414.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Indonesia sedang dilanda bencana wabah virus Covid-19 yang sangat meresahkan, sebuah virus yang penularannya sangat cepat dan sulit untuk mengetahui ciri-ciri orang yang sudah terjangkit virus ini. Untuk menekan angka penulara pemerintah mengambil kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar), sehingga pada saat pandemi covid 19 banyak sekolah yang melakukan pembelajaran dengan PJJ ( Pembelajaran jarak Jauh ). Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Tahun Pelajaran 2021/2022?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Tahun Pelajaran 2021/2022?, Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan dalam skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman Tahun Pelajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Penetuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian Implementasi Metode Pembelajan Daring Menggunakan Media Televisi Di SMP Baitur Rahman adalah: 1) perencanaan pembelajaran meliputi kurikulum khusus pandemi hanya pada penggunaan medianya saja menggunakan media televise TVRI serta menyiapkan grup whatsapp khusus kelas SMP untuk menginformasikan jadwal pelajaran yang ada di TVRI, serta untuk pengumpulan tugas secara online. 2) pelaksanaan pembelajarannya menggunakan pembelajaran daring dengan media televise TVRI sebagai penyampai materi, dimana siswa diminta untuk menonton siaran khusus SMP yang ada di TVRI dengan didampingi oleh orang tua masing-masing dan setelah selesai menonton mengerjakan tugas yang disediakan oleh guru dengan cara menulisnya kemudian mem foto dan mengirimkannya menggunakan aplikasi Whatsapp. 3) Evaluasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah Pertama Baitur Rahman yaitu dengan cara guru memberikan tugas, hal itu sangat penting bagi guru dalam mengevaluasi kegiatan pembelajaran daring menggunakan media televise TVRI apakah sudah maksimal atau masih perlu pembenahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:10
Last Modified: 04 Aug 2022 00:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item