Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Google Sites pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII

HAMDANI, ALFAN (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Google Sites pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALFAN HAMDANI_T201710079.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Google Sites merupakan wahana pembuat website yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran berbasis Website menggunakan Google Sites diprediksi mampu mengatasi masalah pembelajaran IPA materi Sistem Gerak di SMPN 2 Kraksaan yang masih bersifat tekstual. Skripsi ini memiliki tujuan penelitian sebagai berikut (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbasis Website dengan menggunakan Google Sites pada materi Sistem Gerak Manusia SMP kelas VIII. (2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis Website dengan menggunakan Google Sites pada materi Sistem Gerak Manusia SMP kelas VIII. Penelitian ini berjenis penelitian penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunkan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate), di mana pada tahap penyebaran tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah tiga validator yang terdiri dari validator produk dua dosen serta satu guru IPA SMPN 2 Kraksaan dan peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kraksaan. Media pembelajaran yang digunakan adalah Google Sites pelajaran IPA materi Sistem Gerak di SMPN 2 Kraksaan. Data diambil menggunakan angket dengan teknik analisis kuantitatif (persentase) dan kualitatif (komentar, kritik, dan saran). Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti (1) Diperoleh rata-rata nilai persentase dari tiga validator sebesar 93,32% dengan kategori sangat valid. (2) Hasil ketertarikan yang diperoleh dari nilai hasil uji coba produk kepada siswa adalah 82,2% untuk skala kecil sedangkan skala besar memperoleh rata-rata persentase sebesar 83%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Website menggunakan Google Sites dinyatakan valid dan praktis untuk pembelajaran Sistem Gerak Manusia kellas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:42
Last Modified: 03 Aug 2022 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12006

Actions (login required)

View Item View Item