Hasani, Nurul (2021) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nurul Hasani_T20163020.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Manajemen peserta didik adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri se-optimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi individualitasnya, sosial, aspirasi, kebutuhan dan segi-segi potensi peserta didik lainnya. Kegiatan Penerimaan Peserta didik Baru meliputi Kegiatan : Perencanaan Peserta didik baru, Rekrutmen Peserta didik baru, seleksi Peserta didik baru, orientasi Peserta didik baru, penempatan Peserta didik baru, pencatatan dan laporan Peserta didik baru, pembinaan dan pengembangan Peserta didik baru. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Analisis dan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMKN 6 Jember? (2)Bagaimana Orientasi dan Penempatan Peserta Didik di SMKN 6 Jember? (3) Bagaimana Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Baru di SMKN 6 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan analisis dan penerimaan peserta didik baru di SMKN 6 Jember. (2) Untuk mendeskripsikan orientasi dan penempatan peserta didik baru di SMKN 6 Jember. (3) Untuk mendeskripsikan pembinaan dan pengembangan peserta didik baru di SMKN 6 Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis non partisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber,Triangulasi teknik dan Triangulasi Waktu. Hasil penelitian ini adalah: 1) Analisis Kebutuhan di SMKN 6 Jember sudah mengikuti Pagu yang sudah ditentukan oleh provinsi dan sudah mengikuti prosedur-prosedur mulai dari menentukan jumlah siswa, menyusun program kegiatan kesiswaan, pendaftaran, pengumuman, pemberkasan dan daftar ulang. Dan penerimaan Peserta didik baru sudah mengikuti prosedur yang ada dimulai dari perencanaan penerimaan peserta didik, proses penerimaan peserta didik, sampai dengan pengumuman penerimaan peserta didik baru. 2) Orientasi dan Penempatan Peserta Didik baru di SMKN 6 Jember dilakukan kegiatan MPLS secara daring maupun tatap muka yang dibatasi 3 kelas, senam pagi, pengecekan berkas, pengenalan lingkungan sekolah yang membuat kegiatan tersebut kurang maksimal. 3) Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik Baru di SMKN 6 Jember menjadi dua kegiatan secara daring dan karena adanya pandemi covid-19 yang terbatas oleh waktu tapi Guru BK, wali kelas dan seluruh tenaga pendidik bekerja sama untuk membimbing dan membina siswa. Karena keberhasilan peserta didik ketika bisa merubah siswa dari yang jelek menjadi baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 08:41 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 08:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12011 |
Actions (login required)
View Item |