Problematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2020/2021

WAHIDINA, SITI AISYAH (2021) Problematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI AISYAH WAHIDINA_T20171030.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Proses pebelajaran disekolah pada masa pandemi covid-19 mempunyai banyak masalah yang dihadapi. Berkaitan dengan hal tersebut kementerian pendidikan mengambil sikap tegas dalam mencegah penularan yang lebih luas, termasuk sektor pendidikan, salah satunya dengan cara melakukan pembelajaran jarak jauh. Adapun fokus peneliti yang diambil dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja masalah intern pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021? (2) Apa saja masalah ekstern pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021? (3) Bagaimana mengatasi masalah pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan masalah intern pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021, (2) untuk mendeskripsikan masalah ekstern pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021 (3) untuk mendeskripsikan cara mengatasi masalah pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) masalah intern pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas vii di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021 meliputi motivasi belajar, konsentrasi belajar dan mengelola bahan ajar. (2) masalah ekstern pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas vii di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021 meliputi suasana rumah dan fasilitas belajar. (3)cara mengatasi masalah pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih kelas vii di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2020/2021 yaitu dengan guru meningkatkan pemahaman siswa dengan memberikan video pembelajaran yang terkait dengan materi yang akan dipelajari, memberikan soal-soal kepada siswa untuk mengasah kemampuan siswa, dan untuk permasalahan siswa yang kurang memahami materi yang diberikan guru melakukan pengajaran perbaikan berupa pengulangan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:22
Last Modified: 05 Aug 2022 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item