Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Amanda, Nuri’ka (2021) Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuri’ka Amanda_T20178041.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemandirian belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Kemandirian belajar menjadi aktivitas belajar yang didorong oleh kemauan diri sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri tanpa bantuan orang lain serta mampu mempertanggungjawabkan tindakan yang dilakukannya. Dan Kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting dari kemandirian belajar. Sehingga kebiasaan belajar penting bagi siswa untuk mendorong siswa memenuhi tuntutan berbagai ketentuan yang telah diterapkan. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah kemandirian belajar pada masa pandemi covid-19 siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember? 2) Bagaimanakah kebiasaan belajar pada masa pandemi covid�19 siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember? 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember? 4) Adakah pengaruh kemandirian dan kebiasaan belajar pada masa Pandemi Covid-19 secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember? 5) Adakah pengaruh kemandirian dan kebiasaan belajar pada masa Pandemi Covid�19 secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode survey yang dilakukan di SMA Negeri Ambulu Jember. Populasi meliputi siswa kelas XI MIPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS version 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemandirian belajar pada masa pandemi covid-19 siswa di SMA Negeri Ambulu Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 90%, kategori tinggi sebesar 10%. 2) kebiasaan belajar pada masa pandemi covid-19 siswa di SMA Negeri Ambulu Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 92%, kategori tinggi sebesar 8%. 3) Hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri Ambulu Jember dalam kategori sangat tinggi sebesar 96%, kategori tinggi sebesar 4%. 4) Terdapat pengaruh signifikan kemandirian dan kebiasaan belajar pada masa Pandemi Covid-19 secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember. 5) Terdapat pengaruh signifika kemandirian dan kebiasaan belajar pada masa Pandemi Covid-19 secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN Ambulu Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:22
Last Modified: 05 Aug 2022 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12030

Actions (login required)

View Item View Item