Strategi Pembiayaan Pendidikan Berbasis Filantropi Islam Dalam Memberdayakan Anak Yatim di Yayasan Pendidikan Sosial Keagamaan Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Desa Balak Kecamatan Songgon

JUNITA, SITI (2022) Strategi Pembiayaan Pendidikan Berbasis Filantropi Islam Dalam Memberdayakan Anak Yatim di Yayasan Pendidikan Sosial Keagamaan Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa Desa Balak Kecamatan Songgon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI JUNITA_T20183024.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Masih tingginya biaya pendidikan menyebabkan sebagian besar masyarakat belum bisa mengenyam hak pendidikannya secara layak. Hal ini melahirkan sikap kontra pada kalangan masyarakat bawah terkait mahalnya biaya pendidikan karena dianggap memberatkan. Salah satu strategi untuk mengatasi permasalahan ini adalah pembiayaan pendidikan berbasis filantropi. Bentuk filantropi diantaranya zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Dengan harapan terbukanya peluang generasi bangsa dapat mengenyam pendidikan secara optimal. Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan pembiayaan pendidikan berbasis filantropi islam dalam memberdayakan anak yatim di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa?; 2) Bagaimana implementasi pembiayaan pendidikan berbasis filantropi islam dalam memberdayakan anak yatim di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa?; 3) Bagaimana evaluasi pembiayaan pendidikan berbasis filantropi islam dalam memberdayakan anak yatim di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang berupa perencanaan, implementasi dan evaluasi pembiayaan Pendidikan berbasis filantropi Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Nurut Taqwa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembiayaan pendidikan yang dilakukan adalah menyusun visi, misi, program pemberdayaan serta pengesahan anggaran satu tahun ke depan serta pembagian divisi kerja pada setiap kegiatan pembiayaan dan pihak yang terlibat dalam penyaluran; 2) Implementasi pembiayaan pendidikan dengan kegiatan penyaluran terdiri dari biaya pendidikan gratis bagi anak yatim dan santunan pendidikan bagi anak yatim, bantuan sosial kepada dhuafa. Strategi pengoptimalan aset wakaf dengan menggunakan model aset produktif dan potensi wakaf ditentukan oleh prioritas penggunaannya yang dikelola oleh nadzir; 3) Evaluasi pembiayaan pendidikan yang dilakukan adalah pengukuran pada dua aspek filantropi di SMK Nurut Taqwa yaitu wakaf dan infaq. Penilaian berupa tafsiran pengukuran yang ditujukan untuk kemajuan lembaga dan pertanggung jawbaan sebagai indikator pertimbangan rancangan biaya pada periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:21
Last Modified: 05 Aug 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item