Pembinaan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu.

Muna, Rifda Nailil (2021) Pembinaan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifda Nailil Muna_T20174034.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Pembinaan Iman dan Taqwa adalah sebuah program yang ditunjukkan untuk mendukung tujuan Pendidikan Agama Islam, yaitu menumbuhkan dan meningkatkan keimanan seseorang menjadi insan kamil dengan pola taqwa, selain itu pembinaan Iman dan Taqwa ini juga ditunjukkan untuk mengembangkan karakter religius siswa yang sejalan dengan prioritas pendidikan Nasional. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembinaan Iman Dan Taqwa Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembinaan Iman Dan Taqwa Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu? 3) Bagaimana Evaluasi Pembinaan Iman Dan Taqwa Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu?. Sedangkan tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembinaan Iman Dan Taqwa Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembinaan Iman Dan Taqwa Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembinaan Iman Dan Taqwa Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa Di MIMA 29 Miftahul Ulum Kauman Ambulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembinaan Iman dan Taqwa dalam mengembangkan karakter religius siswa yaitu terdiri dari beberapa langkah yakni: a) Menentukan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan digunakan untuk menganalisis beberapa hal yang perlu diketahui sebelum program tersebut dilaksanakan, seperti apa saja yang menjadi kebutuhan program pembinaan Iman dan Taqwa. b) menetapkan tujuan, tujuannya yaitu menanamkan karakter anak sejak dini tentang keimanan, suka shalat berjama’ah, dan suka membaca Al�Qur’an sejak dini. c) menentukan rencana program, program-programnya meliputi: shalat dhuha berjama’ah, tausiyah, baca tulis Al-Qur’an, dan shalat dhuhur berjama’ah. 2) Pelaksanaan pembinaan Iman dan Taqwa dalam mengembangkan karakter religius siswa yaitu terdiri dari beberapa langkah yakni: a) menentukan pendekatan, yaitu pendekatan pembiasaan, b) menentukan metode, yaitu metode keteladanan (uswah hasanah), dan c) menentukan media seperti: sajadah, peci, mukena, halaman sekolah, microfon, Al-Qur’an, jilid yanbu’a, dan papan tulis. 3) Evaluasi Pembinaan Iman dan Taqwa dalam mengembangkan karakter religius siswa ini dilakukan dengan cara kerjasama melalui buku Kobimtaq yang di isi setiap hari oleh orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:21
Last Modified: 05 Aug 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12033

Actions (login required)

View Item View Item