Sholikah, Rahayu (2021) Analisis Soal-soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2017) untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Dimensi Kognitif TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Rahayu Sholikah_T20177047.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
Abstract
Salah satu yang mendasari pengembangan kurikulum adalah keikutsertaan Indonesia dalam TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Namun Negara Indonesia sejak mengikuti TIMSS pada tahun 1999 hingga tahun 2015 selalu mendapat nilai dibawah rata-rata Internasional. Kriteria penilaian dalam dimensi kognitif TIMSS terdiri dari 35% knowing (pengetahuan), 40% applying (penerapan) dan 25% reasoning (penalaran). Mengacu pada dimensi kognitif tersebut, soal-soal yang terdapat dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 diharapkan dapat membawa siswa untuk berpikir pada dimensi kognitif applying dan reasoning tidak hanya sekedar knowing. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis soal-soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) semester 1 berdasarkan dimensi kognitif knowing, (2) untuk menganalisis soal-soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) semester 1 berdasarkan dimensi kognitif applying, (3) untuk menganalisis soal-soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) semester 1 berdasarkan dimensi kognitif reasoning, (4) untuk mengetahui perbandingan antara hasil analisis soal-soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) kelas VIII semester 1 dengan kriteria penilaian dimensi kognitif knowing, applying, reasoning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek soal�soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 (edisi revisi 2017) kelas VIII semester 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar deskriptor yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil klasifikasi soal pada lembar deskriptor berdasarkan TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 210 soal yang dianalisis sebesar (1) 13,8% soal termasuk dalam dimensi kognitif knowing; (2) 61,4% soal termasuk dalam dimensi kognitif applying; (3) 24,8% soal termasuk dalam dimensi kognitif reasoning; (4) pada dimensi kognitif knowing kriteria penilaian dalam TIMSS sebesar 35% tetapi dalam buku siswa hanya memuat 13,8%. Pada dimensi kognitif applying kriteria penilaian dalam TIMSS sebesar 40% tetapi dalam buku siswa memuat 61,4%. Sedangkan pada dimensi kognitif reasoning kriteria penilaian dalam TIMSS sebesar 25% tetapi dalam buku siswa hanya memut 24,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 00:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 00:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12043 |
Actions (login required)
View Item |