Pengaruh Self Esteem dan Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X di MA Irsyadun Nasyi’in Tahun Pelajaran 2020/2021.

Fadlila, Putri Nur (2021) Pengaruh Self Esteem dan Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X di MA Irsyadun Nasyi’in Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Nur Fadlila_T20177007.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh self esteem atau penilaian terhadap diri sendiri yaitu bagaimana seseorang menilai dirinya di mata dunia. Adapun persepsi diri yang berhubungan dengan sukses atau gagalnya seseorang disebut dengan istilah locus of control. Sedangkan prestasi belajar matematika adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam bentuk nilai atau skor di mata pelajaran matematika. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana self esteem, locus of control, dan prestasi belajar matematika siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Irsyadun Nasyi’in Puger Jember? 2) Adakah pengaruh self esteem dan locus of control baik secara bersama-sama maupun secara individu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Irsyadun Nasyi’in Puger Jember? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan self esteem, locus of control, dan prestasi belajar matematika siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Irsyadun Nasyi’in Puger Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh self esteem dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Irsyadun Nasyi’in Puger Jember baik secara simultan maupun individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di MA Irsyadun Nasyi’in Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian populasi dan didapatkan 45 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi dan angket. Untuk teknik analisis data digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Siswa kelas X MA Irsyadun Nasyi’in memiliki tingkat self esteem pada kategori sangat tinggi sebanyak 7%, kategori tinggi sebanyak 66%, dan kategori sedang sebanyak 27%. 2) Siswa kelas X MA Irsyadun Nasyi’in memiliki tingkat locus of control kategori sangat tinggi sebanyak 18%, kategori tinggi sebanyak 51%, dan kategori sedang sebanyak 31%. 3) Siswa kelas X MA Irsyadun Nasyi’in memiliki prestasi belajar pada kategori sangat tinggi sebanyak 49%, dan kategori tinggi sebanyak 51%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan self esteem dan locus of control secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Irsyadun Nasyi’in Puger Jember. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan self esteem dan locus of control secara individu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA Irsyadun Nasyi’in Puger Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:46
Last Modified: 05 Aug 2022 00:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item