Penanaman Nilai Gender Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri Manba’ul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Devita Dwi, Zulva (2021) Penanaman Nilai Gender Pada Pembelajaran IPS di SMP Negeri Manba’ul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Devita Dwi Zulva_T20179058.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwasannya di SMP Negeri Manba’ul Falah ketika pembelajaran kurang aktifnya peserta didik perempuan sehingga yang banyak berperan adalah peseta didik laki-laki, hal ini sesuai dengan hasil wawancara dengan Ibu Sasi selaku guru IPS. Oleh karena itu SMP Negeri Manba’ul Falah melakukan penanaman nilai gender yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal itu untuk membekali peserta didik laki-laki dan perempuan dapat ikut berperan aktif dalam pembelajaran selain itu juga untuk memberikan penyadaran akan gender kepada peserta didik. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penanaman nilai gender pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Manba’ul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana kendala penanaman nilai gender pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Manbaul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penanaman nilai gender pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Manba’ul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022 2) Mendeskripsikan kendala penanaman nilai gender pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Manbaul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri Manba’ul Falah. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penanaman nilai gender pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Manba’ul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu peserta didik diberikan kebebasan akses, partisipasi dalam pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler, serta kebebasan penggunaan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Nilai gender yang di tanamankan yakni meliputi kesetaraan gender dimana semua warga sekolah tidak di beda-bedakan dari segi apapun. Langkah yang dilakukan untuk menanamkan nilai gender yakni melalui pembiasaan, melalui pengalaman, melalui keteladanan, melalui emosional, melalui pendekatan fungsional. 2) Kendala penanaman nilai gender pada pembelajaran IPS di SMP Negeri Manba’ul Falah Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu bahwa penanaman nilai gender di SMP Negeri Manba’ul Falah masih bersifat hidden kurikulum. Kurikulum di SMP Negeri Manba’ul Falah belum sensitif gender, penanaman nilai gender belum maksimal, secara gamblang tidak ada pembelajaran khusus gender, dalam mata pelajaran IPS penyampaian nilai gender tidak ada masalah, akan tetapi yang sering berperan aktif adalah siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:45
Last Modified: 05 Aug 2022 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item