STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH KOMUNITAS JEMAAT LIWETAN MALAM (JELMA) DI WILAYAH KABUPATEN JEMBER

Zimam, Ahmad (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH KOMUNITAS JEMAAT LIWETAN MALAM (JELMA) DI WILAYAH KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AHMAD ZIMAMUL WAFA_D20161030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Era globalisasi saat ini menjadikan pesatnya teknologi dan budaya, sehingga membuat generasi muda menerima informasi dan tidak bisa menyaring serta bertindak dengan benar. Kurangnya pemahaman membuat mereka gegabah dalam mengambil beberapa keputusan dan pilihan yang cenderung negatif. Sehingga melihat fenomena tersebut perlu adanya pendampingan dan tuntunan untuk dapat menemukan jati dirinya dengan mengambil pilihan yang positif. Salah satunya Komunitas JELMA yang memiliki misi ingin menjadikan komunitasnya sebagai sarana untuk belajar para pemuda serta mengkaji hal-hal baru, terutama untuk menanamkan sifat spiritualitas dengan dakwah yang berbeda. Peneliti tertarik karena dakwah yang disampaikan dalam komunitas ini dibawakan sambil diselingi dengan pertunjukan seni lokal, serta pertunjukkan musik dengan berbagai genre, berbeda dengan genre musik islami pada umumnya. Pada akhir acara, kegiatan ini ditutup dengan liwetan, yang berarti makan bersama dengan beralaskan daun pisang atau alas makan yang lebar untuk dimakan bersama.
Berdasarkan konteks tersebut, peneliti merumuskan dua fokus pertanyaan yakni, Pertama, bagaimana strategi komunikasi dakwah pada Komunitas JELMA? dan Kedua, apa saja bentuk motivasi para jemaat dalam mengikuti kegiatan di Komunitas JELMA?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi komunikasi dakwah yang dilakukan di Komunitas JELMA serta berbagai macam motivasi para jemaat untuk tetap mengikuti kegiatan di Komuntitas JELMA.

Identifikasi permasalahan ini, penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan Triangulasi Data. Obyek pada penelitian ini adalah berupa Pertama, bagaimana strategi komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Komunitas JELMA dengan subyek penelitian ini ialah memahami para jemaat, merencanakan pesan dakwah, menggunakan metode yang tepat, dan memilah media. Kedua, mengenai motivasi para jemaat ialah adanya motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal untuk memenuhi keinginan diri dengan kebutuhan spiritual serta mengenal sang Pencipta. Sedangkan motivasi eksternal yakni menambah relasi berkawan, menumbuhkan rasa toleransi serta mengembangkan bakat diri.

Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Dakwah, JELMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Zimam
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:47
Last Modified: 09 Aug 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item