Implementasi Pembelajaran Fiqih Pada Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember

HASANAH, FADATUL (2021) Implementasi Pembelajaran Fiqih Pada Program Sistem Kredit Semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFADATUL HASANAH_T20171278.pdf - Submitted Version

Download (20MB)

Abstract

Sistem kredit semester yang biasanya hanya diterapkan di perguruan tinggi dan pada tahun 2010 BSNP telah membuat buku pedoman Sistem Kredit Semester (SKS) untuk diterapkan pada lembaga pendidikan tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Sistem kredit semester merupakan sebuah sistem penyelenggaraan program pendidikan dimana peserta didik menentukan sendiri beban mata pelajaran yang akan diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Sedangkan Pembelajaran fiqih sangat diperlukan untuk memahami pokok-pokok hukum islam dan tata cara pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi muslim yang selalu taat menjalankan syariat islam secara sempurna. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasin, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran diawali dengan pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi: Silabus, program tahunan (prota), program semester (promes), rencana pekan efektif (RPE), dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Silabus ditujukan untuk bahan acuan dalam pengembangan RPP. 2) pelaksanaan pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester ada beberapa tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Dan menggunakan buku paket dan modul UKBM. 3) Evaluasi pembelajaran fiqih pada program sistem kredit semester di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember melakukan penilaian yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam penilaian sikap dilihat dari perilaku, kepedulian, keimanan, dalam penilaian pengetahuan dilakukan tes tulis, berdiskusi, dan Tanya jawab, dalam penilaian keterampilan dilakukan observasi dari praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:43
Last Modified: 05 Aug 2022 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item