Internalisasi Nilai-nilai Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalisat

Afkarina, Izza (2021) Internalisasi Nilai-nilai Humanistik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Izza Afkarina_ T20171143.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Nilai-nilai humanistik merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk menata perilaku manusia berdasarkan aliran humanisme demi mewujudkan manusia-manusia yang berkarakter humanis. Nilai-nilai kemanusiaan yang ditanamkan oleh guru kepada anak didik dalam sebuah pembelajaran, antara lain adalah nilai kesopanan, nilai toleransi, nilai kebebasan, nilai kerja sama, nilai kejujuran. Fokus Penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalisat? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalisat? Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanaman nilai�nilai humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalisat. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kalisat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis pra lapangan, kemudian menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman yang langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) internalisasi nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalisat ini memang benar dilaksanakan, dalam hal penanaman nilai-nilai humanistik ini guru menanamkannya dengan cara memberikan suri tauladan kepada siswanya dan dengan melakukan pembiasaan sehingga nilai-nilai yang ada dalam humanistik sedikit demi sedikit dapat masuk ke dalam hati siswa dan dengan mudah diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. (2) faktor pendukung dan penghambat dari penanaman nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu meliputi faktor guru, sarana dan prasarana, keluarga utamanya orang tua, faktor lingkungan (teman). Selain itu pada saat terjadi pandemi, faktor yang menjadi penghambat yaitu kurang memadainya teknologi atau alat komunikasi yang dimiliki oleh siswa dan kondisi sinyal yang sering kali tidak menentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 00:43
Last Modified: 05 Aug 2022 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item