Implementasi Metode Cooperative Learning Melalui Aplikasi WhatsApp Pada Mata Pelajaran Serajah Kebudayaan Islam Kelas VIII C di Madrasah Tsanawiyah Tempurejo Jember

LARASWATI, JULIANA (2022) Implementasi Metode Cooperative Learning Melalui Aplikasi WhatsApp Pada Mata Pelajaran Serajah Kebudayaan Islam Kelas VIII C di Madrasah Tsanawiyah Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Juliana Laraswati_T20171162.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Cooperative learning adalah suatu model pembelajaran yang saat ini banyak digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa (student oriented), terutama untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan guru dalam mengaktifkan siswa, yang tidak dapat bekerja sama dengan orang lain, siswa yang agresif dan tidak peduli pada yang lain. Model pembelajaran ini telah terbukti bahwa dapat dipergunakan dalam berbagai mata pelajaran dan berbagai usia. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana langkah-langkah persiapan metode cooperative learning melalui aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember ?. (2) Bagaimana penerapan metode cooperative learning melalui aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember ?. Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan langkah-langkah persiapan metode cooperative learning melalui aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember. (2) Mendeskripsikan penerapan metode cooperative learning melalui aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penentuan subyek peneltian menggunakan purposive, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Langkah-langkah persiapan metode coopeative learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember yaitu dengan berbagai langkah-langkah persiapan yang dilakukan pertama yaitu sebelum memulai pembelajaran guru mengucapkan salam terlebih dahulu, kemudian guru mengirim tugas melalui WhatsApp yang berupa foto, lalu peserta didik mengerjakan tugasnya dan kemudian mengirim jawabannya ke guru tersebut melalui WhatsApp pribadi. (2) Penerapan metode cooperative learning melalui aplikasi WhatsApp pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII C di MTs. Baitul Hikmah Tempurejo Jember yaitu dengan cara guru memberikan tugas kepada peserta didik, lalu peserta didik harus mempelajari materi terlebih dahulu sehingga peserta didik bisa menjawab dan memahami materi yang diberikan oleh guru tersebut, jika peserta didik ada yang tidak paham dengan materi bisa langsung ditanyakan kepada guru mata pelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:52
Last Modified: 05 Aug 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item