Peran Guru Fikih dalam Menumbuhkan Akhlak Sosial Islami Siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun 2021.

Amrullah, Rafi Imaduddin (2021) Peran Guru Fikih dalam Menumbuhkan Akhlak Sosial Islami Siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rafi Imaduddin Amrullah_084 141 107.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan sangatlah penting agar manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya yang nantinya ilmu tersebut akan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru fikih dalam menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun 2021. 2) Apa yang menjadi kendala guru fikih dalam menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun 2021. 3) Bagaimana solusi guru fikih untuk mengatasi kendala dalam upaya menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran guru fikih dalam menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun 2021. 2) Mendeskripsikan kendala guru fikih dalam menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun 2021. 3) Mendeskripsikan solusi guru fikih untuk mengatasi kendala dalam upaya menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung Kabupaten Lumajang tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung. Terletak di jalan Raya Ledoktempuro kecamatan Randuagung kabupaten Lumajang. Pemilihan subyek penelitian dalam penelitian ini yakni akan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini 1) Peran guru fikih dalam menumbuhkan menumbuhkan akhlak sosial Islami siswa MTs. Muhammadiyah 01 Randuagung sebagai sosok yang menciptkan suasana belajar yang baik dan sebagai teladan 2) Kendala yang dihadapi yakni faktor internal dan faktor eksternal. 3) Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan bimbingan secara terus menerus dengan harapan peserta didik memiliki kesadaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:52
Last Modified: 05 Aug 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item