Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Program Takhassus Mahad Al-Jamiah IAIN Jember Tahun Ajaran 2020/2021

QIAROH, ARIFATUL (2021) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Program Takhassus Mahad Al-Jamiah IAIN Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARIFATUL QIAROH_ T20171008.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha secara sengaja untuk mempersiapkan anak didik dengan menumbuhkan kepribadian baik jasmani maupun rohani dengan menggunakan program pendidikan agar kelak menjadi manusia yang berguna bagi dirinya dan bagi masyarakat. Dalam mendukung itu perlu adanya pembinaan yang harus dilakukan secara terus menerus. Salah satunya melalui program takhassus. Melalui program tersebut diharapkan nilai itu lebih mudah di tanamkan pada diri peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana internalisasi nilai Aqidah melalui program Takhassus Mahad al-Jamiah IAIN Jember? 2. Bagaimana internalisasi nilai Akhlak melalui program Takhassus Mahad al-Jamiah IAIN Jember? 3. Bagaimana internalisasi nilai Syariah melalui program Takhassus Mahad al-Jamiah IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan nilai-nilai aqidah melalui program Takhassus di Mahad Al-Jamiah IAIN Jember, 2. Mendeskripsikan nilai�nilai akhlak melalui program Takhassus di Mahad Al-Jamiah IAIN Jember, 3. Mendeskripsikan nilai-nilai syariah melalui program Takhassus di Mahad Al�Jamiah IAIN Jember. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian (field research). Subjek penelitian ini adalah Murabbi dan Mahasanti program takhassus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sebelum ditarik kesimpulan dicek keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui program takhassus yaitu (1) Internalisasi nilai Aqidah yang ditanamkan melalui program Takhassus adalah nilai ketaatan atau keimanan melalui kegiatan tadarus bersama, kajian Kitab Qami’tughyan dan kajian Kitab Ahlusunnah Wal Jama’ah (2) Internalisasi nilai Akhlak yang diinternalisasikan melalui program Takhassus adalah sikap saling bekerjasama, sikap sosial yang meliputi kasih sayang sesama manusia, cinta lingkungan, berlaku jujur dan amanah serta disiplin dan tanggung jawab.(3) Internalisasi nilai Syariah yang diinternalisasikan melalui program Takhassus adalah nilai ibadah, nilai muamalah dan nilai siyasah yang diimplementasikan melalui kegiatan yang sudah terprogram oleh Ma’had Al-Jamiah IAIN Jember. Internalisasi nilai-nilai tersebut dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Tahap tranformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap transinternalisasi nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:51
Last Modified: 05 Aug 2022 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12067

Actions (login required)

View Item View Item