Aktivitas Gerakan Pemuda Ansor Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus) di lingkungan Payaman Kecamatan Giri Banyuwangi

ROSIDI, MOH. AMIN (2021) Aktivitas Gerakan Pemuda Ansor Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus) di lingkungan Payaman Kecamatan Giri Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. AMIN ROSIDI _ T20171083.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan-Kegiatan yang dilakukan oleh GP Ansor Payaman adalah dalam rangka mewujudkan visi dan misi GP Ansor itu sendiri yaitu menjunjung tinggi sumber hukum Islam yaitu Al-Qur'an dan Hadits dan berusaha untuk mengimplementasikan ajaran syari'at Islam. Bentuk-bentuk kegiatannya ditujukan supaya dapat menambah wawasan tentang agama bersama-sama. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk kegiatan GP Ansor Ranting Payaman dalam meningkatkan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan Islam di lingkungan Payaman Kecamatan Giri Banyuwangi? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan GP Ansor Ranting Payaman untuk meningkatkan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan Islam di lingkungan Payaman Kecamatan Giri Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan GP Ansor Ranting Payaman dalam meningkatkan pelaksanaan nilai-nilai pendidikan Islam di lingkungan Payaman Kecamatan Giri Banyuwangi. (2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan GP Ansor Ranting Payaman untuk meningkatkan nilai-nilai pendidikan Islam di lingkungan Payaman Kecamatan Giri Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach, sedangkan metode pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles & Huberman dan Shaldana melalui langkah-langkah: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan; (l) Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan oleh GP Ansor Payaman adalah: Tahlilal dan Yasinan, Pembacaan Kitab Barzanji dan Sholawat dan Kajian Kitab Kuning. Kegiatan dilaksanakan setiap 2 minggu sekali pada hari jum’at setelah sholat isya’. Untuk setiap acara atau kegiatan dipimpin oleh ketua GP Ansor maupun bisa dipimpin oleh tokoh agama atau penasihat GP Ansor. Untuk anggota atau jama’ah tinggal mengikuti pemimpin acara pada malam itu. (2) Faktor pendukung kegiatan ini adalah faktor pengurus yang semangat dan bertanggungjawab dengan kegiatan organisasi, tokoh masyarakat setempat yang sangat mendukung dan dalam kegiatan ini, adanya donatur yang dapat digunakan untuk mensukseskan acara, adanya fasilitas seperti musholla pusat, pengeras suara yang memadai sebagai pendukung dilaksanakannya kegiatan. Faktor yang menghambat adalah lingkungan masyarakat yang masih kurang kesadaran akan pentingnya kegiatan keagamaan dan organisasi GP Ansor ini, faktor anggota yang sebagian besar adalah seorang siswa dan mahasiswa yang sangat di sibukkan dengan tugas sekolah maupun kuliahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:53
Last Modified: 05 Aug 2022 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item