Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Berbantuan PhET pada Materi Listrik Dinamis di SMP Negeri 1 Jember.

Ulfa, Intan Maulida (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Berbantuan PhET pada Materi Listrik Dinamis di SMP Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Maulida Ulfa_T201710052.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Adanya pandemi covid-19 ini membuat pembelajaran dilakukan secara daring antara pendidik dan peserta didik. Teknologi informasi dan komunikasi menjadi andil besar sebagai solusi dalam situasi pandemi. Berdasarkan wawancara kepada salah satu pendidik IPA di SMP Negeri 1 Jember, media pembelajaran yang dipakai selama pembelajaran daring di sekolah yaitu google sites, google classroom, google meet, zoom, google form, dan spread sheet. Pembelajaran daring juga berdampak pada sulitnya terlaksana praktikum pada materi yang bersifat prosedural. Namun hal itu dapat disiasati dengan mengadakan simulasi virtual online. Oleh sebab itu peneliti memilih mengembangkan media pembelajaran google sites berbantuan PhET. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbasis google sites berbantuan PhET pada materi Lisrik Dinamis di SMP Negeri 1 Jember, (2) untuk mendeskripsikan respons peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis google sites berbantuan PhET pada materi Listrik Dinamis di SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang diambil yaitu model pengembangan Plomp yang terdiri dari 4 tahapan; 1. Preliminary Research (penelitian pendahuluan) 2. Development Phase (Tahap Pengembangan) 3. Assasement Phase (Tahap Penilaian) 4. Reflection (Refleksi). Namun pada penilitian ini hanya dibatasi sampai tahap penilaian karena keterbatasan waktu penelitian. Analisis data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil data kuantitatif yaitu persentase validitas yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan ahli pengguna serta hasil persentase angket respons peserta didik. Hasil data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari validator ahli dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi memperoleh persentase 95%, ahli media mencapai 96%, ahli pengguna mencapai 90,91% dan respons peserta didik 94,88%. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan menarik. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis google sites berbantuan PhET sangat valid dan memenuhi kriteria kemenarikan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:55
Last Modified: 05 Aug 2022 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item View Item