Pembelajaran Kitab Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kematan Bangsalsari Kabupaten Jember

ROZIQI, MOH (2021) Pembelajaran Kitab Nubdzatul Bayan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kematan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. ROZIQI_T20171315.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Kitab kuning yang pada umumnya berbentuk tulisan arab namun tak berkharakat atau kata lainnya ‘kitab gundul’ ini akan menjadi sulit jika peserta didik tidak dapat memahami nahwu-sharraf dengan baik, maka dari itu kitab Nubdzatul Bayan dianggap sebagai solusi ampuh yang dapat menjadikan peserta didik lebih mudah membaca serta memahami kitab kuning dengan pelaksanaan pembelajaran yang bervariasi. Fokus Penelitian ini adalah: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran kitab nubdzatul bayan di pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab nubdzatul bayan di pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran kitab nubdzatul bayan di Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan di Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan di Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, 3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan di Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Lokasi penelitian adalah di pondok pesantren Bustanul Ulum Bulugading. Metode pengambilan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model intraktif milles huberman dan saldana, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil penelitian yang didapatkan penulis, yaitu: 1) Pada perencanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan ini ada silabus dan juga supervisi yang dirancang asatid atas arahan lora abror, untuk dijadikan pedoman ustadz. 2) Pada pelaksanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan dilakukan 4X pertemuan dalam 1 hari dengan menggunakan metode sorogan, ceramah, tanya jawab dan grammer method, dan juga medianya berupa papan tulis. 3) Pada proses evaluasi pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan ada evaluasi proses dan hasil, adapun evaluasi proses tersebut yaitu setelah isya’ tanya jawab, dan juga setiap bulan. Adapun evaluasi hasil dengan mengetes kelayakan dengan membaca kitab kuning langsung, dan ditanyakan terkait Nahwu sharraf oleh ustadz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:56
Last Modified: 05 Aug 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item