Kepemimpinan Kharismatik Kiai dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah, Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember

YULIANTI, IDA (2021) Kepemimpinan Kharismatik Kiai dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah, Skripsi, Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IDA YULIANTI_T20173082.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kepemimpinan Kharismatik Kiai merupakan suatu tipe kepemimpinan yang disegani, dikagumi dan dihormati oleh seluruh santrinya. Seseorang yang mempunyai tipe kepemimpinan kharismatik di anggap mempunyai kharisma tersendiri dalam memimpin santrinya. Pembentukan karakter santri merupakan proses mendidik atau melatih kebiasaan-kebiasaan santri di Pondok Pesantren dengan tujuan memperoleh karakter yang sesuai dengan visi dan misi Pondok Pesantren. Pondok Pesantren sebagai progam pendidikan nonformal dalam rangka membentuk karakter santri yang hebat, cerdas, dan mandiri. Kepemimpinan Kharismatik Kiai di anggap mampu dalam membentuk karakter santri. Adapun fokus penelitian ini adalah: (1). Bagaimana kepemimpinan kharismatik kiai dalam pembentukan karakter religius santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah Mangli Kabupaten Jember? (2). Bagaimana kepemimpinan kharismatik kiai dalam pembentukan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah Mangli Kabupaten Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan kepemimpinan kharismatik kiai dalam pembentukan karakter religius santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah Mangli Kabupaten Jember. (2). Mendeskripsikan kepemimpinan kharismatik kiai dalam pembentukan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah Mangli Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang diperoleh dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Kepemimpinan kharismatik kiai dalam pembentukan karakter religius santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Nurul Hidayah dengan menggunakan pemberian contoh dari kiai untuk santri. (2). Kepemimpinan kharismatik kiai dalam pembentukan karakter disiplin santri dengan melalui keteladanan, penciptaan lingkungan dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:56
Last Modified: 05 Aug 2022 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12074

Actions (login required)

View Item View Item