Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021

Sakinah, Dhevie Roudhotus (2021) Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dhevie Roudhotus Sakinah_T20175004.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam aspek perkembangan yang meliputi: perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik (motorik kasar dan motorik halus), kecerdasan/kognitif (daya pikir atau daya cipta), sosial�emosional, bahasa, seni yang disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangannya. Strategi pembelajaran melalui bernyanyi merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi anak usia dini selain bermain. Di TK Dharma Wanita Sungelebak dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun dilakukan melalui bernyanyi selama proses pembelajaran berlangsung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021?. 2) Bagaimana pelaksanaan Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Bagaimana evaluasi Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021?.Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah:Untuk menganalisis perencanaan Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk menganalisis pelaksanaan Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk menganalisis evaluasi Metode Pembelajaran Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan Tahun Pelajaran 2020/2021Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan lebih banyak bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian ini: (1) perencanaan metode pembelajaran bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan melalui penyusunan RPPH(2) pelaksanaan metode pembelajaran bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Kabupaten Lamongan RPPM dan RPPH. (3) evaluasi metode pembelajaran bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sungelebak Karanggeneng Lamongan melalui beberapa teknik yaitu catatan anekdot, unjuk kerja (performance), dan hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:57
Last Modified: 05 Aug 2022 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item