Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Power Point Berorientasi Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP Ainul Yaqin Ajung.

Pramono, Bagus (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Power Point Berorientasi Nilai-Nilai Karakter Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Peserta Didik Kelas VII SMP Ainul Yaqin Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bagus Pramono_T201810025.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Materi pencemaran lingkungan merupakan salah satu materi IPA SMP yang diajarkan di kelas VII dengan Kompetensi Dasar (KD) menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem, yang meliputi pencemaran air, tanah, dan udara. Berdasarkan studi pendahuluan yang dihimpun dari guru dan peserta didik di SMP Ainul Yaqin Ajung, media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan penyampaian materi yang bersifat kontekstual adalah media pembelajaran power point. Nilai karakter sangat diperlukan dalam pembelajaran ini, terutama nilai tanggung jawab dan peduli lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui hasil validitas pengembangan media pembelajaran audio visual power point berorientasi nilai�nilai karakter pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik kelas VII SMP Ainul Yaqin Ajung; (2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap pengembangan media pembelajaran audio visual power point berorientasi nilai�nilai karakter pada materi pencemaran lingkungan untuk peserta didik kelas VII SMP Ainul Yaqin Ajung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penilaian produk untuk validasi media pembelajaran yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini yaitu 17 siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil rata-rata persentase uji validasi ahli media sebesar 88,8%, ahli materi sebesar 97,3333% dan guru IPA sebesar 81% dengan memenuhi kategori sangat valid: (2) Hasil respons uji coba diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,5% dengan kategori sangat valid, sehingga media pembelajaran ini sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:58
Last Modified: 05 Aug 2022 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item View Item