Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Nuris Jember Pada Materi Ekosistem Tahun Pelajaran 2020/2021

Setyaningrum, Jihan Devi (2021) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Nuris Jember Pada Materi Ekosistem Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jihan Devi Setyaningrum_T20168021.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Hasil Kondisi belajar di sekolah pada proses pembelajaran tidak jarang siswa mengantuk karena banyaknya kegiatan yang harus dijalani, waktu istirahat siswa terbatas dan guru menggunaan metode konvensional yang terkesan monoton. Pada materi ekosistem terdapat konsep yang susah untuk dipahami, oleh karena itu peneliti menggunaan Strategi Pembelajaran Diagram Roundhouse dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa di tuntut aktif, Strategi Pembelajaran Diagram Roundhouse merupakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga siswa turut aktif dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran diagram roundhouse terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Nurul Islam Jember pada Materi Ekosistem?. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi pembelajaran diagram roundhouse terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X IPA SMA Nurul Islam Jember Siswa pada Materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre�eksperimental one group pre-test post-test. Sampel penelitian yaitu X IPA 1 yang berjumlah 31 siswa yang di tentukan menggunaan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test. Penelitian ini menggunakan uji instrument validitas dan reliabilitas selanjutnya uji prasyarat hipotesis yakni uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis yakni uji paired sample t-test. Perhitungan data analisis statistika menggunakan ststistika inferensisal dengan bantuan software IBM SPSS Statistic version 22 for window. Berdasarkan hasil penelitian nilai uji paired sample t-test didapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 yang menunjukan Ha diterima dan H0 ditolak. Bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapan strategi pembelajaran Diagram Roundhouse. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA SMA Nuris Jember pada materi ekosistem tahun pelajaran 2020/2021.Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA SMA Nuris Jember Pada Materi Ekosistem Tahun Pelajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:59
Last Modified: 05 Aug 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item