Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Bermain Puzzle Huruf pada MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020

BASYAIR, MAULANA ASYROF (2021) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Bermain Puzzle Huruf pada MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAULANA ASYROF BASYAIR_T20164071.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kecerdasan verbal linguistik yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berpikir dalam bentuk kata-kata dan menggunakan bahasa, memiliki empat keterampilan utama, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kecerdasan verbal linguistik harus dikembangkan sejak anak usia dini dengan menggunakan metode bermain, salah satunya adalah bermain puzzle huruf. Bermain puzzle huruf adalah salah satu permainan yang komplit untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana meningkatkan kemampuan menyimak anak kelas 2 melalui bermain puzzle huruf di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020?, 2. Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas 2 melalui bermain puzzle huruf di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020?, dan 3. Bagaimana meningkatkan kemampuan membaca anak kelas 2 melalui bermain puzzle huruf di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyimak anak kelas 2 melalui bermain puzzle huruf di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020, 2. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara anak kelas 2 melalui bermain puzzle huruf di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020, 3. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca anak kelas 2 melalui bermain puzzle huruf di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. penenlitian ini berlatar belakang di MI Miftahul Ulum Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Kemampuan menyimak anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle huruf pada kelas 2 di MI Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2019/2020,yang dapat dilihat dengan bertambahnya fokus anak dalam menyusun puzzle huruf menjadi sebuah bentuk. 2. Kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle huruf pada kelas 2 yang terlihat ketika berlangsungnya kegiatan bermain puzzle huruf memberikan lingkungan belajar yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. 3. Kemampuan membaca anak dapat ditingkatkan melalui bermain puzzle huruf pada kelas 2 yang dapat dilihat ketika menggunakan puzzle huruf membantu anak untuk mengenal bentuk dan langkah penting menuju pengembangan keterampilan membaca. Kata Kunci: Permainan Puzzle Huruf, Kecerdasan Verbal Linguistik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:00
Last Modified: 05 Aug 2022 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item