Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Mata pelajaran Ips Kelas VII Mts ASHRI Tahun Pelajaran 2020/2021.

Khotimah, Miftahul (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Mata pelajaran Ips Kelas VII Mts ASHRI Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Khotimah_T20169025.pdf - Submitted Version

Download (19MB)

Abstract

Terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif menyebabkan proses pembelajaran menjadi permasalahan bagi peserta didik. hal ini membuat kegiatan belajar mengajar yang membosankan. Pengembangan media fun thinkers book untuk membantu kurang tersedianya media pembelajaran dan semangat siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran IPS fun thinkers book untuk kelas VII di MTs ASHRI Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mengetahui kevalidan produk pengembangan media pembelajaran IPS fun thinkers book untuk kelas VII di MTs ASHRI Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ASSURE sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan beberapa teknik, yaitu: 1) angket; 2) Wawancara. Subjek Penelitian ini melibatkan satu guru IPS dan 35 peserta didik kelas VII MTs ASHRI Jember. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran fun thinkers book, yang telah divalidasi menunjukkan bahwa:(1) validasi ahli materi I dengan skor 80,76% “cukup valid”, (2) validasi ahli materi II dengan skor 71,15% “cukup valid”, (3) validasi ahli media dengan skor 68,18% “cukup valid”. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa: (1) uji coba kelompok kecil dengan skor 87,5% kategori “sangat efektif”, (2) hasil tes uji kompetensi kognitif pada uji coba kelompok besar dengan skor 83% “sangat efektif” (3) hasil angket respon uji coba kelompok besar dengan skor 93,07% kategori “sangat valid”. Kesimpulan hasil penelitian adalah: (1) produk pengembangan media pembelajaran fun thinkers book dikembangkan dengan model ASSURE sehingga layak digunakan media pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas VII tahun pelajaran 2020/2021; dan (2) media fun thinkers book telah tervalidasi oleh ahli dan guru IPS dan telah uji coba kelompok kecil dan kelompok besar sehingga layak dan efektif sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VII tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:00
Last Modified: 05 Aug 2022 09:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item