Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Syafiiyah Besuk Probolinggo.

Tauhed, Moh. (2021) Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Syafiiyah Besuk Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Tauhed_T20171123.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Nilai karakter religius merupakan sesuatu yang harus di ditanamkan kepada peserta didik. Mengingat pentingnya pendidikan karakter religius, maka seorang guru berupaya untuk menanamkan nilai karakter religius pada peserta didik. Dengan ditanamkan nilai karakter religius ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan sikap dan perilaku yang mencerminkan akhlak mulia atau budi pekerti yang luhur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter religius peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo, yang telah difokuskan dalam fokus penelitian yaitu (1) bagaimana penanaman nilai karakter religius toleransi peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo, (2) bagaimana penanaman nilai karakter religius rasa hormat peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo, (3) bagaimana penanaman nilai karakter religius empati peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman & Saldana dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Temuan penelitian ini adalah: (1) Dalam penanaman nilai karakter religius toleransi peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo yaitu Pembina mengajarkan kepada peserta didik agar supaya mereka saling menghargai satu sama lain, tidak membeda-bedakan antara mereka yang bermukim di pondok dengan mereka yang tinggal dirumahnya, jika yang dari rumah telat datiang di latihan pramuka dapat hukuman, maka yang bermukim di pondok ketika telat juga harus dihukum. (2) Dalam penanaman nilai karakter religius rasa hormat peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo yaitu Pembina memberikan contoh untuk saling menghargai kepada sesama, saling menghormati kepada yang lebih tua, apabila bertemu dengan yang lebih tua hendaknya menyapa terlebih dahulu, bersikap sopan santun kepada sesame manusia baik di sekolah maupun di luar sekolah. (3) Dalam penanaman nilai karakter religius empati peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka di MTs Syafiiyah Besuk Probolinggo yaitu pembina pramuka mengadakan agenda gotong royong, menyuruh menjenguk jika ada temannya yang sakit. Selain itu Pembina dan pengurus OSIS juga bekerja sama mengadakan program bhakti sosial yang berupa memberikan sumbangan kepada orang yang membutuhkan. Dari bhakti sosial tersebut diharapkan peserta didik bisa mempunyai rasa empati, rasa belas kasihan terhadap sesama manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:01
Last Modified: 05 Aug 2022 09:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item