Sari, Desi Belinda (2021) Implementasi Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Raudhatul Athfal Nurud Dholam Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Desi Belinda Sari_T20175016.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
Abstract
Bahasa adalah suatu bangunan sosial, karena sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya maka bahasa memiliki peranan penting untuk berkomunikasi, menyampaikan gagasan, perasaan, ide, atau pikiran. Dalam perkembangan bahasa mencakup kemampuan membaca, menulis, menyimak, mendengar, berbicara, dan berkomunikasi. Pemahaman kosakata merupakan salah satu komponen pembelajaran bahasa. Mengenalkan kosakata pada anak usia dini harus dengan cara yang menarik agar anak mudah mengerti dan memahami. Peningkatan kosakata sangat berpengaruh pada anak usia dini karena kosakata sangat erat hubungannya dengan kemampuan membaca anak. Untuk itu pembelajaran dibuat dan dirancang sedemikian rupa sehingga anak tertarik untuk mengikuti pengenalan bahasa melalui kosakata dengan menggunakan media salah satunya media gambar. Adapun fokus penelitian di dalam penelitian ini yaitu: 1 )Bagaimana perencanaan pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kosakata anak kelompok A Raudhatul Atfhal Nurud Dholam Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kosakata anak kelompok A Raudhatul Atfhal Nurud Dholam Mumbulsari Jember tahun pelajaran 2021/2022? 3)Bagaimana evaluasi pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan kosakata anak kelompok A Raudhatul Atfhal Nurud Dholam Mumbulsari Jember tahun Pelajaran 2021/2022? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan tehnik purposive. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa:1) penyusunan perencanaan pemanfaatan media gambar disesuaikan dengan RPPH, berupa pemilihan kartu huruf yang sesuai dengan tema, dan tahapan kosakata, 2) pelaksanaan Pemanfaatan media gambar dilaksanakan dalam kegiatan inti, dan meningkatkan kosakata anak, guru menunjukkan kartu gambar yang terdiri dari gambar dan huruf membentuk kosakata. Tahapan daam pemanfaatan media gambar ada tiga yang pertama mengenalkan huruf, mengenal suku kata dan mengenal kata yang berawalan sama ; dan 3) evaluasi pemanfaatan media gambar menggunakan evaluasi formatif dengan format penilaian berupa ceklist observasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 09:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 09:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12087 |
Actions (login required)
View Item |