Noni Nimas Ariyanti, 2021: Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Membangun Kemitraan di Madrasah Ibtidaiyah Fajrul Islam 02 Pulo Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Pembimbing: Ibu Nur Ittihadatul Ummah, S. Sos. I.,M. Pd.I.

ARIYANTI, NONI NIMAS (2021) Noni Nimas Ariyanti, 2021: Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Membangun Kemitraan di Madrasah Ibtidaiyah Fajrul Islam 02 Pulo Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Pembimbing: Ibu Nur Ittihadatul Ummah, S. Sos. I.,M. Pd.I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NONI NIMAS ARIYANTI_T20173030.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepala madrasah dengan kecerdasan emosional dalam membangun kemitraan dimana seorang pemimpin dengan kemampuan membangun resonansi yang mampu mendengarkan dan menyelaraskan diri, yang kemudian membimbing perasaan serta emosinya ke arah yang benar agar terwujud pula hubungan yang baik. Dibawah bimbingan pemimpin yang seperti ini, orang akan merasakan tingkat kenyamanan saling menguntungkan, dan ini yang dilakukan oleh kepala madrasah di Mifada Pulo sehingga mampu mempengaruhi, menarik perhatian dari berbagai pihak untuk membangun kemitraan antara lembaga dengan orang tua, lembaga lain, dan masyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1. Bagaimana kompetensi pribadi kepemimpinan kepala madrasah berbasis kecerdasan emosional dalam membangun kemitraan di Mifada Pulo Kec.Tempeh Kab.Lumajang? 2. Bagaimana kompetensi sosial kepemimpinan kepala madrasah berbasis kecerdasan emosional dalam membangun kemitraan di Mifada Pulo Kec.Tempeh Kab. Lumajang? Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan kompetensi pribadi kepemimpinan kepala madrasah berbasis kecerdasan emosional dalam membangun kemitraan di Mifada Pulo Kec.Tempeh Kab.Lumajang. 2) Mendeskirpsikan kompetensi sosial kepemimpinan kepala madrasah berbasis kecerdasan emosional dalam membangun kemitraan di Mifada Pulo Kec.Tempeh Kab.Lumajang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari 4 langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) Kompetensi Pribadi Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Membangun Kemitraan di Mifada Pulo Kec.Tempeh Kab.Lumajang menunjukkan bahwa pemimpin memiliki kesadaran diri, meliputi: kecerdasan diri secara emosi, mampu menilai dan percaya diri. Kemudian mampu mengelola dirinya dengan: mengendalikan diri, terbuka, bisa menyesuaikan diri, memiliki standar dalam dirinya, inisiatif dan optimisme sehingga kepala madrasah mampu memahami orang lain untuk memulai dan membangun hubungan kemitraan antara lembaga dengan Forsafi, YDSF, Ummi, Balaidesa, Puskesmas, LKS, BPR, GI, At-tartil. 2) Kompetensi sosial Kepemimpinan Kepala Madrasah Berbasis Kecerdasan Emosional dalam Membangun Kemitraan di Mifada Pulo Kec.Tempeh Kab.Lumajang menunjukkan bahwa kepala madrasah dalam membangun kemitraan adalah dengan menjadi pemimpin yang memiliki kesadaran sosial, dengan memiliki rasa empati, sadar akan berorganisasi, memberikan pelayanan dan mengayomi bawahannya. Kemudian pengelolaan relasi dengan: menginspirasi bawahan, memberikan pengaruh, mengembangkan orang lain, menjadi katalisator perubahan, mampu mengelola konflik, serta mampu membangun kerja sama tim dan kolaborasi yang dituangkan dalam bentuk kemitraan antara lembaga dengan Forsafi, YDSF, Ummi, Balaidesa, Puskesmas, LKS, BPR, GI, At-tartil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:12
Last Modified: 05 Aug 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item