Peran kepala madrasah sebagai leader dan manager dalam mendukung kesuksesan tugas guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

umam, Khoirul (2021) Peran kepala madrasah sebagai leader dan manager dalam mendukung kesuksesan tugas guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirul umam_T20173011.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

kepala madrasah, leader, manager, guru bimbinngan dan konseling Kepala madrasah bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guruguru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Kepala madrasah memahami kebutuhan madrasah yang dipimpin sehingga kompetensi guru tidak hanya bertumpu pada kompetensi yang ia miliki sebelumnya, melainkan bertambah dan berkembang dengan baik sehingga profesionalisme guru akan berhasil.. Fokus dalam penelitian ini adalah. 1) Bagaimana peran kepala madrasah sebgai leader dalam mendukung kesuksesan tugas guru bimbingan dan konseling pada layanan peminatan dan perencanaan individual di MAN Bondowoso? 2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam mendukung kesuksesan tugas guru bimbingan dan konseling pada layanan responsif di MAN Bodowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam mendukung kesuksesan tugas guru bimbingan dan konseling pada layanan peminatan dan perencanaan individual di MAN Bondowoso. 2) Mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam mendukung kesuksesan tugas guru bimbingan dan konseling pada layanan responsif di MAN Bodowoso. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: 1) Peran kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mendukung Kesuksesan Tugas Guru Bimbingan dan Konseling Sebagai Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual di MAN Bondowoso. Dalam menentukan peminatan yang sesuai dengan minat siswa kepala madrasah bekolaborasi dengan elemen madrasah agar proses penerimaan berjalan dengan baik, lalu diberikan angket yang terkait dengan bakat dan minat siswa, agar apa yag sudah menjadi kemampuan belajarnya itu bisa mendapat tempat yang pasti dan tidak bimbang terhadap pilihannya, seperti halnya menentukan jurusan yang sesaui dengan minat siswa tersebut. 2) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mendukung Kesuksesan Tugas Guru Bimbingan dan Konseling Sebagai Layanan Responsif di MAN Bondowoso, dalam pelaksanaannya kepala madrasah sebagai leader mendorong para tenaga pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugasnya terutama bimbingan dan konseling yang memegang peranan penting dalam layanan responsif. layanan yang diatasi yaitu layanan individual, layanan kelompok, dan konsultasi. Ketiga layanan tersebut berkolaborasi dengan tim tatib dan juga melakuakan kolaborasi dengan orang tau siswa yaitu dengan mengunjungi rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:12
Last Modified: 05 Aug 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12091

Actions (login required)

View Item View Item