Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember Tahun Ajaran 2020/2021

HIDAYAH, NURUL (2021) Pengaruh Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL HIDAYAH_T20174048.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena hasil belajar siswa yang rendah beberapa hal yang menyebabkan hasil belajar siswa masih tidak memuaskan yaitu faktor dari siswa adalah motivasi belajar siswa rendah, siswa masih kesulitan dalam memahami penjelasan guru, siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Faktor dari guru adalah karena guru masih dominan mengunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, hal tersebut membuat peserta didik kurang memperhatikan penjelasan dari guru sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditentukan belum dapat tercapai secara optimal. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh metode karya wisata terhadap hasil belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik terpadu di MI Salafiya Syafi’iyah Ajung Jember apabila diterapkanya metode karya wisata dalam proses pembelajaran sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode karya wisata terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di MI Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pola pre eksperimental designs, design penelitian yang digunakan yaitu intact group comparison. Populasinya adalah kelas 1 MI Salafiya Syafi’iyah Ajung Jember yang berjumlah 46, sampelnya siswa kelas 1A merupakan kelas eksperimen dan 1B merupakan kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 23, metode pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, analisisdata menggunakan uji independen sampel t-tes dengan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, Ada pengaruh penggunaan metode karya wisata terhadap hasil belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran tematik terpadu di MI Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember. Hal tersebut dibuktikan dari hasil independen sampel t-tes dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai > (2,036 > 2,021). Hal tersebut juga didukung dari perbedaan nilai rata-rata post test kedua kelompok peserta didik dari kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode karya wisata msemiliki nilai rat-rata 89,78, sedangkan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran metode konvensional memperoleh nilai rata-rata 82,17. Nilai rata-rata kelas eksperimen dari tiga aspek (kognitif, afektif dan psikomotor) adalah 89 dan nilai rata-rata kelas kontrol dari tiga aspek (kognitif, afektif dan psikomotor) adalah 82 Keefektifan relatif penggunaan metode karya wisata terhadap hasil belajar sebesar 81.39% lebih efektif, dibandingkan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember pada tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 09:17
Last Modified: 05 Aug 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item