PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AT-TAQWA BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Fathoni, Ahmad (2021) PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AT-TAQWA BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FULL UPLOAD_watermark (3).pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Fathoni, 2021: Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021

Tripusat pendidikan adalah konsep pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara pendiri Taman Siswa yang diakui sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Tripusat pendidikan yang dimaksud disini adalah lingkungan pendidikan meliputi pendidikan keluarga, pendidikan Sekolah dan pendidikan masyarakat. Setiap pribadi manusia yang akan selalu mengalami perkembangan dalam tiga lingkungan pendidikan tersebut. Pada garis besarnya kita mengenal tiga lingkungan pendidikan yang mana disebut Tripusat Pendidikan.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah At- Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana peran pendidikan Sekolah dalam Pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah At- Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana peran pendidikan Masyarakat dalam Pembentukan Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah At- Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2020/2021?
Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Peran Pendidikan keluarga dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2020/2021, 2) Mendeskripsikan Peran Pendidikan Sekolah dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2020/2021. 3) Mendeskripsikan Peran Pendidikan Masyarakat dalam pembentukan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso Tahun pelajaran 2020/2021
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitiani ini, adalah : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunkan triangulasi metode dan sumber.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Peran lingkungan keluarga terhadap pembentukan akhlak seorang anak sangatlah besar pengaruhnya karena merupakan pengalaman pertama bagi masa kanak-kanak, pengalaman ini merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan berikutnya, khususnya dalam perkembangan pribadinya. 2) Peran pendidikan sekolah dalam hal ini berfungsi mengembangkan kepribadian anak secara keseluruhan. Dalam pendidikan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab guru saja, melainkan juga seluruh unsur-unsur sekolah Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso, 3) peran pendidikan masyarakat dimana manusia berusaha mendidik dirinya sendiri dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di masyarakatnya dalam bekerja, bergaul, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Fathoni
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:00
Last Modified: 23 Aug 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12094

Actions (login required)

View Item View Item