Kepemimpinan Transformasional Perempuan Dalam Pengembangan Pesantren Tahfiz

Hasanatul, Khalidiyah (2022) Kepemimpinan Transformasional Perempuan Dalam Pengembangan Pesantren Tahfiz. Doctoral thesis, UIN KH AHMAD SHIDDIQ.

[img] Text
HASANATUL KHALIDIYAH_203307010001.pdf

Download (8MB)

Abstract

Khalidiyah, Hasanatul. 2022. Kepemimpinan Transformasional Perempuan dalam Pengembangan Pesantren Tah{fi>z{ (Studi Multikasus di Pondok Pesantren Daarut Taufiq dan Pondok Pesantren Mamba’ul Huda 1 Banyuwangi). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo, M.Pd., Co-Promotor: Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M.
Kata kunci: Kepemimpin Transformasional, Pengembangan Pesantren Tah{fi>z{ .
Penelitian tentang kepemimpinan perempuan telah banyak dilakukan dalam konteks yang beragam dan dikelompokkan dalam dua sektor utama: publik dan domestik. Dari dua sektor tersebut, kepemimpinan perempuan di sektor domestik tidak banyak menuai pro-kontra; sementara di sektor publik, kepemimpinan perempuan menimbulkan pro-kontra: dari aspek norma, hukum agama, hingga gender-gap. Padahal, sudah banyak diketahui dan diakui bahwa kepemimpinan bukan soal kelelakian atau keperempuanan, melainkan soal tanggung jawab yang harus dijalankan sebaik mungkin. Kepemimpinan perempuan di bidang pendidikan lebih banyak mengkaji kepemimpinan di sektor publik-formal. Sementara di sektor publik-nonformal kurang mendapat perhatian. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji kepemimpinan perempuan di sektor publik non-formal, yang bertempat di Pondok Pesantren Daarut Taufiq (PPDT) dan Pondok Pesantren Mamba’ul Huda 1 Banyuwangi (PPMH 1), menggunakan perspektif kepemimpinan transformasional, terkait fungsinya, pertama, sebagai artikulator visi, kedua, sebagai inspirator, dan ketiga, sebagai motivator.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus, teknik penggalian data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles, Huberman, dan Saldana, yang terdiri atas: data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications. Keabsahan data diperiksa dengan melakukan peerdebriefing dan menerapkan triangulasi sumber dan teknik.
Simpulan penelitian ini ialah: pertama, kepemimpinan transformasional perempuan sebagai artikulator visi dalam mengembangkan pesantren Tah{fi>z{ di PPDT dan PPMH 1 dapat dilihat pada tiga dimensi perilaku kepemimpinan, yakni: sosialisasi visi, persuasi anggota, dan internalisasi komitmen, yang disempurnakan dengan kesadaran barokah yang telah mengakar kuat di lingkup pesantren. Kedua, kepemimpinan transformasional perempuan sebagai inspirator dalam mengembangkan pesantren tah{fi>z{ di PPDT dan PPMH 1 diterapkan melalui tiga tindakan intensif, yaitu: mengupayakan kesadaran, memberi pengaruh, dan meningkatkan intelegensi, yang didukung oleh rutinitas riya>d}ah yang telah mentradisi di lingkungan pesantren. Ketiga, kepemimpinan transformasional perempuan sebagai motivator dalam mengembangkan pesantren tah{fi>z{ di PPDT dan PPMH 1 terlihat pada empat bentuk aksi, yakni: mengidentifikasi kebutuhan organisasi, mendelegasikan wewenang, memberi bimbingan, dan sharing pengalaman, yang didasari dengan kesinambungan sanad keilmuan kepada guru-guru al-Qur`an yang terdahulu. Temuan traditionalized-religiousity menghasilkan formulasi konsep kepemimpin di lingkup pesantran tah{fi>z{ sebagai religious transformational leadership.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kepemimpin Hasantul Khalidiyah Hasntul khalidiyah
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:34
Last Modified: 16 Aug 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12096

Actions (login required)

View Item View Item