Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Intrapersonal dalam Pembelajaran Tematik di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

SALEH, ABDURAHIM (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kecerdasan Intrapersonal dalam Pembelajaran Tematik di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABDURAHIM SALEH_T20164072.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi suatu negara untuk menciptakan masyarakat yang cerdas, berkarakter, dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan karakter menjadi isu utama dalam Kurikulum 2013. Bahkan di antara alasan utama perubahan Kurikulum 2013 adalah untuk menumbuhkan karakter. Diharapkan melalui pendidikan karakter peserta didik akan memiliki karakter yang unggul dan baik. Namun, dalam penerapan pendidikan karakter akan lebih baik apabila mengetahui kecerdasan peserta didik untuk mengetahui gaya belajar yang tepat bagi peserta didik. Selain peserta didik memiliki potensi yang unggul juga memiliki karakter yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. (3) Mendeskripsikan evaluasi implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif berupa studi lapangan. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi/pengamatan, wawancara, dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencaanaan yang dilakukan adalah mengetahui kecerdasan dari peserta didik melalui angket, selanjutnya mengintegrasikan nilai karakter ke dalam materi. Kemudian, menyusun Lesson Plan sebagai panduan sebelum mengajar. (2) Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal dalam pembelajaran tematik. Guru menggunakan metode variatif dan pembiasaan-pembiasaan seperti membaca surat surat pendek sebelum masuk kelas untuk mengajarkan karakter disiplin, membuat duta kebersihan untuk mengajarkan karakter tanggung jawab dan karakter peduli lingkungan. Melalui tugas individu untuk menanamkan karakter mandiri, dan metode diskusi untuk menanamkan karakter toleransi. (3) Kemudian untuk tahap evaluasi atau penilaian implementasi pendidikan karakter berbasis kecerdasan intrapersonal adalah penilaian autentik dengan mengacu pada 3 hal, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kecerdasan Intrapersonal, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:54
Last Modified: 05 Aug 2022 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12097

Actions (login required)

View Item View Item