Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Online “My Blood +” Berbasis Android pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI MIPA 3 di MAN 1 Jember

Sonda Raistanto, Wildan Sa’id (2021) Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Online “My Blood +” Berbasis Android pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI MIPA 3 di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wildan Sa’id Sonda Raistanto_T20178007.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran online yang ringkas dan mudah dioperasikan menjadi terobosan bagi siswa untuk mengejar ketertingalan informasi dan materi yang di jelaskan oleh guru. Aplikasi media pembelajaran online merupakan sebuah tata ruang pembelajaran yang dikemas dan dibentuk agar dapat dengan mudah digunakan dan dioperasikan oleh siswa dan guru. Aplikasi “My Blood +” merupakan salah satu aplikasi media pembelajaran online yang memungkinkan siswa dapat mengakses materi, memperoleh informasi terkait pembelajaran, hingga mengisi kuis yang telah disediakan oleh guru agar siswa dapat dengan baik mengikuti pembelajaran secara sistematis, terorganisir, dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan aplikasi media pembelajaran online “My Blood +” berbasis android pada materi sistem peredaran darah untuk siswa kelas XI MIPA 3 di MAN 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap aplikasi media pembelajaran online “My Blood +” berbasis android pada materi sistem peredaran darah untuk siswa kelas XI MIPA 3 di MAN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jember, instrumen data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 1 validator ahli ilmu teknologi, dan 1 Guru Biologi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Berdasarkan hasil validasi aplikasi media pembelajaran online “My Blood” berbasis android rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 97,62% termasuk dalam kategori sangat valid, rata�rata persentase penilaian ahli media sebesar 90,53% termasuk dalam kategori sangat valid, persentase penilaian ahli ilmu teknologi sebesar 97,05% termasuk dalam kategori sangat valid, dan persentase penilaian guru biologi memperoleh 78% termasuk dalam kategori cukup valid. 2) Hasil uji respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 92,68% termasuk dalam kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:37
Last Modified: 12 Oct 2022 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12100

Actions (login required)

View Item View Item