Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information Comunication and Technologi (ICT) di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba'ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember

Nafaqi, Ismail (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information Comunication and Technologi (ICT) di Sekolah Menengah Kejuruan Mamba'ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ISMAIL NAFAQI_T20171258.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang secara terus menerus akan terjadi selama manusia hidup dan sudah menjadi kebutuhan primer hingga saat ini. Dengan demikian Pembelajaran PAI mengalami proses yang akan terus berkembang khususnya dalam media pembelajaran bebasis ICT. SMK MHI Bangsalsari Jember merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran PAI berbasis ICT yang memiliki sistem pemerograman sampai tahap evaluasi yang sangat efektif. Pembelajaran PAI berbasis ICT jarang ditemui, sebagian pendidik lebih fokus dengan model pembelajaran klasik seperti ceramah. Dengan adanya keunikan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti pembelajaran PAI berbasis ICT.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus penelitian ini terbagi menjadi dua: 1) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Information Comunication And Tehnologi (ICT) di Sekolah Menengah Kejuruan Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana Teknik evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Information Comunication And Tehnologi (ICT) di Sekolah Menengah Kejuruan Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information Comunication And Tehnologi (ICT). 2) untuk mendeskripsikan teknik evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information Comunication And Tehnologi (ICT).
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis ICT cukup efektif dalam menyampaikan materi dimasa pandemi, dalam pelaksanannya terdapat tahapan pembukaan, inti dan penutup yang di paparkan pada aplikasi Microsoft teams. 2) Teknik evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Information Comunication And Tehnologi (ICT) Bangsalsari Jember merupakan inovasi baru dalam melaksanakan proses evaluasi, dimana teknik evaluasi berbasis ICT menggunakan teknik tes berupa tes essay pada aspek kognitif, pada aspek afektif dinilai pada sikap siswa dalam mengumpulkan tugas, untuk penilaian psikomotik dinilai dari keaktifan siswa saat pembelajaran daring.

Kata Kunci : Pembelajaran PAI dan Media ICT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Depositing User: Ismail Ismail Ismail Nafaqi
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:56
Last Modified: 08 Aug 2022 04:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item