Implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Atok Illah, chmad (2021) Implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Atok Illah_T20179086.pdf - Submitted Version

Download (21MB)

Abstract

Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa adalah faktor psikologis kepribadian. Sehingga wajar kalau siswa dalam suatu kelas memiliki berbagai macam karakteristik yang berbeda-beda. Perhatian dan motivasi merupakan prasyarat utama dalam proses belajar-mengajar. Tanpa adanya perhatian dan motivasi hasil belajar yang dicapai siswa tidak akan optimal. pemberikan reward (ganjaran) dan punishment (hukuman), yang merupakan suatu cara dalam pendidikan yang berfungsi sebagai motivasi siswa dalam proses pembelajaran Fokus penelitian ini yaitu (1) bagaimana pelaksanaan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? (2) bagaimana bentuk-bentuk reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? (3) bagaimana evaluasi implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksaan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang di gunakan peneliti adalah model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Adapun hasil penelitian di sekolah menengah pertama negeri 1 Jember yaitu (1) Pelaksanaan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan pembuatan kesepakatan antar guru dengan siswa (2) Bentuk-bentuk reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan diadakan pemberian sertifikat, pujian, dan hukuman sesuai dengan perbuatan mereka. (3) Evaluasi implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terbukti dengan hasil belajar yang meningkat dan semangat mengerjakan tugas-tugas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:20
Last Modified: 08 Aug 2022 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item